BAGIKAN

Dalam kurun waktu beberapa tahun belakangan ini, penjualan mobil-mobil bekas semakin marak di pangsa pasar otomotif nasional. Meski begitu, transaksi penjualan yang terjadi saat ini tak hanya melibatkan mobil-mobil standar saja, tapi juga sudah menjurus pada terjadinya transaksi jual beli untuk mobil-mobil modifikasi. Adanya transaksi jual beli mobil hasil modifikasi memang bukan sesuatu yang baru atau lumrah untuk dilakukan, tapi tak bisa dipungkiri kalau hal tersebut memang terjadi.

Alasan Dibalik Transaksi Jual Beli Mobil Modifikasi
Banyak yang menganggap kalau transaksi jual beli mobil-mobil modifikasi untuk memenangi kontes tertentu, akan mematikan kreativitas para modifikator. Namun, alasan seseorang untuk membeli mobil modifikasi tak hanya sebatas untuk menjadi juara dalam sebuah kontes. Ada juga yang membeli mobil-mobil modifikasi untuk dijadikan tunggangan harian.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dijadikan bahan acuan sebelum membeli sebuah mobil modifikasi.

• Ketahui Model Mobil, Tema, dan Rumah Modifikasi

Saat Anda sudah menentukan jenis mobil yang diinginkan, maka bisa diketahui tema apa yang cocok bagi mobil modifikasinya. Lalu, mencari tahu informasi rumah modifikasinya. Hal ini sangat penting, karena setiap rumah modifikasi dan modifikator memiliki keahlian masing-masing. Selain itu, bisa diketahui juga apakah modifikasi pada mobil yang diinginkan merupakan produk buatan sendiri atau membeli produk replika.

• Cek Kondisi Fisik Mobil dan Kelengkapan Surat-surat

Langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan fisik mobil. Pengecekan mobil secara menyeluruh wajib dilakukan untuk mengetahui kondisi sesungguhnya. Kelengkapan surat-surat juga wajib diketahui oleh calon pembeli. Terkadang, ada saja mobil modifikasi yang sudah banyak melakukan perubahan, khususnya bagi yang menggemari modifikasi ekstrim.

• Lakukan Tes Jalan

Tes jalan juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan, baik untuk mobil modifikasi harian maupun modifikasi ekstrim untuk kontes. Hal ini untuk mengetahui kelayakan dari mobil-mobil tersebut, baik dari segi keamanan maupun kenyamanan.
Jika memang berminat untuk membeli mobil modifikasi, baik untuk keperluan kontes atau pun untuk kendaraan harian, tips di atas bisa dijadikan acuannya. Sementara itu, transaksi yang dilakukan bisa dilakukan secara konvesional atau pun melalui laman jual beli kendaraan.

Carmudi Indonesia  merupakan salah satu situs jual beli kendaraan yang terpercaya di Indonesia. Segala jenis kendaraan, mulai dari tipe hingga tahun pembuatan, tersedia di sini. Jika memang tertarik untuk mencari mobil, baik dalam versi standar atau pun modifikasi, tautan ini bisa dijadikan sebagai salah satu referensinya. (Irianto)

LEAVE A REPLY