BAGIKAN

Modifikasiplus.com, Jakarta – Modifikasi luxury yang terarsir pada MPV premium lansiran Toyota ini, menjadi tak biasa setelah mengalami rombakan di segala sektor oleh modifikator asal Yogyakarta ini. Rombakan inovatif yang tertuang melalui mobil ini adalah adanya penambahan body hingga nampak seperti Limusin.

Sudah sedari lahirnya memang, Toyota Alphard memiliki keistimewaan tersendiri dibandingkan MPV lainnya. Ia sohor akan kemewahan yang bisa dinikmati baik dari sektor eksterior maupun interior. Namun, sang owner masih belum puas dengan standarisasi yang ada pada mobil ini.

Oleh karenanya, diapun memilih Kupu-Kupu Malam (kumal) Auto Fashion untuk merombak di segala sektor hingga sesuai dengan apa yang dinginkannya. Sang owner menilai, kumal bisa diandalkan dan mampu merestorasi mobil tersebut. “Saya pilih Kumal, karena lebih bertanggung jawab dan, merombak sesuai dengan kemauan saya,” sebut Tody Tjandra.

Bukan saja kesan luxury yang diinginkan Tody saat menyerahkan MPV tersebut kepada Kumal, tapi dia menilai Kumal memiliki kretivitas seni berbeda dibandingkan modifikator lainnya. “Mobil ini sebenarnya hanya di pakai buat harian saja, sambil menikmati suasana yang berbeda dari biasanya,” imbuhnya.

Sebagai tampilan luar, MPV ini hanya direstorasi facelift seperti bodykit serta painting. Kemudia pergantian lampu-lampu biasa menjadi LED dan HID. Toyota Alphrad lansiran tahun 2005 ini kian eksotis melalui guyuran cat Dupont berwarna hitam dengan kombinasi airbrush serta bermotif grafis.

“Guratan painting pada mobil berwarna dasar ungu ini menggunakan beberapa kombinasi dengan warna cyralic gold. Hampir semua ornamen ini kita jadikan satu. Lantaran awalnya mengusung desain gambler, seperti Velg kita desain seperti papan rolet. Secara menyeluruh kita sesuaikan desainnya ala casino. Tapi bukan berarti si pemilik itu hobinya gambler,” papar Kunto wibisono seraya berkelakar.

Rombakan paling menonjol justru terlihat dari sektor interior yang disulap menjadi ruang entertaint lengkap dengan minibar perangkat sound system yang ciamik serta kursi penumpang yang nyaman. Lantaran konsepnya lebih ke living room, maka tahap awal yang dilakukan adalah dengan menambah panjang mobil hingga 1 meter, sehingga ruang interior jadi lebih luas. Pintu samping hanya disematkan linear accurator motor.

Pada dashboard terdapat dua layar LCD 7″ yang bisa dijadikan sarana hiburan dikala mengemudi. Masuk ke ruang kabin, kesan limo kian terasa lewat balutan sintetik Mantaray leather yang terbungkus pada jok penumpang.

Di ruang kabin ini juga tersedia layar LCD 40″ yang dapat dioperasikan via motorized, cukup membuat mata nyaman kala menyaksikan video yang berasal dari DTS Home Theater. Video yang berasal dari DTS Home Theater didukung oleh 1 unit power 4 channel Rockford R3000 yang dapat mengalirkan suara ke 2 unit speaker 6 inchi milik Optima dan 2 unit coaxial rockford.

MPV ini juga menggunakan 2 titik kontrol air suspensi. Melalui kontrol tersebut, mampu menggerakkan keempat. Selain itu juga fungsinya agar dapat dipakai untuk harian. “Kalau memakai air suspensi 4 titik, sangat repot jika ingin digunakan sehari-hari, karena harus memakan kiri-kanan, kalo 2 titik gak. Selama settingan awal sudah betul, sudah pasti kiri-kanan akan sama,” papar Kunto.

Sementara perubahan di sektor engine, mobil ini hanya ditambah dengan supercharged. Ecu diganti dengan standalone, fungsinya untuk menggantikan ecu aslinya lantaran yang aslinya sudah tak mampu lagi untuk mensupplay kebutuhan dari mesinnya itu sendiri.

Selain itu, pada mobil ini juga dilengkapi 20 titik yang cara pengoperasiannya dilakukan dengan cara motorized dengan menggunakan android. Diantaranya terdapat pada pintu belakang, pintu depan dan samping kanan dan kiri, engine hood, sofa belakang yang bisa berubah jadi tempat tidur, cool box dan glass hanger.

Untuk menambah kesan elegan pada mobil modifikasi, terdapat pula penambahan special feature seperti wifi, GPS tracking, smart anti hijacking android alarm sytem, smart TV (Android dan internet) dan car cinema.

Konsep modifikasi yang terarsir pada Toyota Alphard ini sudah dinobatkan sebagai King Elegant di tahun 2014. Kunto mengklaim, mobil tersebut finish di luar dugaan. Lantaran dulunya dikejar kontes, sehingga pengerjaannya dikebut hanya dengan waktu 3 minggu selesai.

“Idealnya sih 6 bulan, kalo modif nyantai. Tapi berhubung personil kita ada 30 orang, jadi Divisinya sendiri-sendiri, ada divisi bodykit, painting, welding, interior, audio serta engine,” pungkasnya. (Alan)

Spesifikasi Toyota Alphard th 2005:

Eksterior
Limousine, Headlamp Vellfire Conversion, Stoplamp Alphard Conversion, LED Foglamp, Overfender, EngineHood FaceliftCustom, Custom Bodykit, Custom Paint By Dupont, MarbleColor, Airbrush Graphic

Kaki-Kaki ;
Universal Air Suspension, 6 port brembo brake front, 4 port brembo brake rear, autocouture 20/9,5 – 11, Accelera tyres

Engine;
Supercharger, BIIES custom ecu Standalone, tial blow off, turbo smart Wastagate, custom piping

Motorized with Android control system 2 point android airsuspension control

Motorized Eksterior ;
Engine hood, front door L, front door R, slide door L, slide door R, Hatchback

Motorized Interior;
TV 40“, speaker 2 pcs, cool box, glass hanger, wine, sofa 3 point, coffe maker, total motorized 16 point

Interior ;
Leather synthetic Mantaray,wool

Audio;
Headunit Sony 7 series, 1 pcs Monoblock Rockford R7000, 1 pcs Power 4 CH Rockford R3000, Subwoofer 10“ Rockford P1, 2 pcs Speaker 6“ Optima, 2 pcs Coaxial Rockford, DTS Home Theater, Samsung DVD Player, TV 20 pcs Lancer

Special Features;
Android System (Total 24 Point), Motorized (Total 16 Point), Wifi, GPS Tracking, Smart anti Hijacking Android Alarm system, Smart TV (Internet & Android), Android Imobilizer, Car Cinema

LEAVE A REPLY