BAGIKAN

Modifikasiplus.com, Jakarta – Beginilah tampilan Suzuki Caribian usai diupgrade oleh sang pemilik. Besutan kreatif yang tersemat pada Jip lawas keluaran Suzuki ini nampak begitu gahar dengan penambahan beberapa part kastem yang membalutinya.

Sudah sedari asalnya, Suzuki Carribian merupakan salah satu kendaraan 4×4 yang cukup menyenangkan. Jip berbasis Jimny Generasi II ini tergolong mudah dimodifikasi, mudah dirawat dan tidak rewel. Namun demikian Caribian bukanlah sosok jip yang sempurna. Jimny yang dirakit di Thailand ini hanya menyediakan dua bangku tempat duduk saja.

Suzuki Jimny Carribian thn 2005

“Awalnya saya dapat mobil ini kondisinya memprihatinkan. Saya beli mobil ini di tahun 2010, masih CBU dari Jepang dengan warna dasar hitam. Lantaran profesi saya sebagai Pilot Boeing 737, maka plat mobil yang saya gunakan juga berseri B 737 IB,” papar Benny.

Usai dibelinya, Benny pun Kemudian mulai merombak di sektor luar. Warna dasar yang awalnya hitam dirubah menjadi merah dengan menggunakan produk siken. Dia meyakinkan bahwa produk cat itu warnanya sangat awet dan tak cepat pudar hingga sekarang.

Agar nampak gahar, bumper depan-belakang dikastem serta dilengkapi dengan wins warm 8750. Kemudian untuk lampu-lampunya menggunakan peranti tambahan untukoffroad seperti Lampu depan KC, Lampu tembak light force, lampu strubo Walen, Roll bar luar custom, roof rack custom serta over vender custom model TJ.

“Sebagai pelengkap di sektor luar, saya menambah roofrack, serta pemasangan Rotating. Rotating ini difungsikan hanya untuk touring dan konvoi saja, sementara untuk sehari-hari saya matikan, karena memang peraturannya begitu,” ujarnya.

Suzuki Jimny Carribian 2005

Berlanjut ke sektor kaki-kaki dengan tetap mengusung konsep offroad. Untuk memperkuat kaki-kakinya mobil ini telah menggunakan 8 shock merk Bellstein, depan 4 pcs dan belakang 4 pcs. Pernya memakai Emu, lalu dinaikan.

Kemudian pada foot stepnya juga disesuaikan dengan model offroad. Selain itu, di kanan-kirinya juga sudah terpasang foot step, fungsinya agar aman jika terguling pada saat melibas medan terjal dan berbatu. Sementara untuk Velg Benny menggunakan Elstar US Ring 15, ban GT Radial MT Komodo Extreme 33.

Menyoal performa mobil ini, Benny masih setia dengan penggunaan original 1300cc, karena Suzuki Jimny itu menggunakan kapasitas mesin 1000cc. Sementara penambahan hanya di pengapian Malori, kabel busi yang menggunakan racing, serta businya split fire.

Mesin Suzuki Jimny Carribian

Tak ada perubahan yang signifikan di sektor interior, sang owner hanya mengganti jok kemudi dan penumpang dengan Jok Recaro LX yang dilengkapi dengan seat belt dari Takata. Kemudian, pemasangan roll bar dalam sebanyak 4 titik. Kemudian untuk kemudinya menggunakan stokstir yang berada dibawah, fungsinya untuk meringkankan kemudi. Lalu Final gearnya dipakai yang berukuran rendah yakni berukuran 43.

“Lantaran sering digunakan untuk offroad, bagian dalam saya bentuk spek safetynya dengan memasang roll bar 4 titik. Kedua jok depan juga sudah diganti oleh Recaro yang dilengkapi dengan safety belt Takata 4 titik,” jelas Benny.

Berlanjut ke audio sistem, Benny hanya mengandalkan bubuhan perangkat sound sistem yang sederhana. Perangkat tersebut, hanya digunakan saat mengalami kepenatan serta sebagai hiburan diperjalanan. Untuk head unit ia gunakan Pioneer dengan penambahan 2 subwoofer. Kemudian Benny juga melengkapi perangkat interior dengan radio komunikasi, karena dirinya sering mobile. “Kalo pake Handy Talky (HT) agak ribet jadi kita pake radio komunikasi,” kata Benny.

Suzuki Jimny Carribian th 2005

Pria yang tergabung dalam komunitas sKin (Suzuki Katana Indonesia) dan Pilotos ini mengaku belum pernah terjun di kejuaraan offroad. Hanya saja di event-event tertentu saja yang diikutinya. “Kalau ada event yang bersifat nasional saya hanya ikut meramaikan saja,” ujarnya.

Profesinya sebagai pilot di Trigana air membuat Benny disibukkan dengan pekerjaannya. Namun Benny masih bisa meluangkan waktunya untuk berorganisasi di klub mobil dan motor. selain gelaran kontes modif, event offroad, Benny juga harus membagi waktunya juga dengan keluarga.

Berbagai part modifikasi yang tersemat pada Suzuki Carribian ini membuat mobil ini jadi sorotan di ajang kontes. Tak pelak lagi, mobil ini sudah meraih 6 tropi di berbagai event modif yang diikutinya diantaranya Best Suzuki, Best Jeep, Best Roofrack, Best pick-up, Best Red Hot dan Best Offroad Style.

Teks dan Foto Alan

Spesifikasi Suzuki Jimny Carribian Tahun 2005

Eksterior : Bumper belakang Custom, lampu depan KC, Lampu tembak light force, lampu strubo Walen, Roll bar luar custom, roor rack custom, over vender custom model TJ, Bumper depan ARB, Mdl Winch Warm 8750
Interior : Jok Recaro LX, roll bar dalem 4 titik
Engine : Original Suzuki Carribian 1300cc, pengapian Mallory, kabel busihurricane, busi split fire
Kaki-kaki : per menggunakan emu medium, lift body, 8 buah sock belstein, final gear 8.41 dengan lSD, velg US Navi Ban Comodo Extreme 33
Audio System : Audio tape CD Pionneer + sub Woofer Active 10 inchi, Brayton, Radio komunikasi icom, sirine Walen
Special Thanks to : SKIN Jakarta, RCCI Jakarta, Bekasi, Jange Auto Part n Modif, Bengkel cat Staria Perkasa Galaxy

LEAVE A REPLY