BAGIKAN

Modifikasiplus.com – Sirion berbalut sticker 3D ini sudah beberapa kali mengalami upgrade, baik dari sektor eksterior maupun interior. Perubahan secara bertahap itupun dilakukan sang owner, saat dirinya terjun di ajang Hot Import Night (HIN) road show beberapa waktu lalu. Sebutan ‘Red from Borneo’, karena awalnya mobil ini berwarna merah polos, nama itupun kemudian diidentikan dengan batu akik asal Kalimantan yang sempat mencuat beberapa waktu lalu.

Dolf, si pemilik mengklaim, awalnya mobil ini dibeli bukan untuk modifikasi lifestyle, tapi untuk event slalom, sebab dia suka balap slalom. Merasa jenuh dengan tampilan tersebut dan selalu dipakainya buat balap, hingga sempat hancur di beberapa sektor. “Mobil ini dulunya udah gak layak pakai alias ancur-ancuran. Lalu, hobi saya pun berubah dan mulai bermain dialiran lifestyle, sehingga gaya modifikasinya otomatis berubah. Tapi resikonya dompet jadi terkuras. Jika ditotal, biaya modifikasi ini bisa mencapai harga 2 buah mobil Sirion lagi,” kata dia.

 

Terdapat 5 sektor yang jadi unggulan pada Sirion lansiran tahun 2009 ini. Karena menurut Dolf, gubahan itu menjadi faktor penting untuk berlaga di tiap seri yang diikutinya pada waktu itu. “Setiap seri yang kita ikuti di ajang HIN waktu itu, panitia minta minimal ada 3 sektor yang mesti diganti atau dimodif. Alhasil, Sirion inipun kini telah mencapai klimaksnya,” lanjut Dolf.

Balutan konsep cutting sticker bermotif tiga dimensi ala Mural inipun, jadi tampilan akhir  untuk mencuri perhatian publik. Desain yang terarsir secara menyeluruh dapat terlihat lebih kentara dengan memakai kacamata 3D. Guna menyesuaikan kesan racing, bumper depan dan belakang dikastem dengan membenamkan dua buah headlamp juga stoplamp yang juga dikastem. Untuk spion belakang tak lagi manual, kini ia telah menggunakan monitor.

Sirion Borneo

Kreasi seni mural 3D itupun, diperkuat oleh sistem Motorized di beberapa lini yang dijalankan melalui remote control. Pintu pengendara dan penumpang dapat dibuka-tutup secara gullwing ke atas, kemudian kap mesin yang sebelumnya dapat dibuka ke atas dan ke bawah, kini dibelah sehingga membukanya ke kiri dan ke kanan. Masih belum puas, bagasi belakang juga dikanibal menjadi 2 bagian yang kini dapat dibuka ke atas serta ke bawah.

Hatchback ini nampak ciamik dengan balutan kulit full Murano Blast yang tersemat pada dashboard, kabin maupun jok pengendara dan penumpang. Sebagai pelengkap kabin, sebuah minibar serta perangkat sound system dipercantik dengan acrylic yang didesain berbeda dari biasanya. Dolf menilai, acrylic yang dia temui lekukannya biasa-biasa saja dan terkesan standar. “Pemasangan acrylic ini saya desain semaksimal mungkin serta unik khas Borneo. Kini bisa dilihat pada desain minibar dan audio sistem,” tegasnya.

Sistem porting polish menjadi faktor utama dalam meng-upgrade Sirion ini. Sistem kelistrikan yang tersedot untuk mendobrak perangkat kosmetik audio membuat sang owner tak main-main dalam memilih aki, diapun menyematkan accu Stiger SPV69. Cover engine yang dikanibal dengan sistem motorized menjadi nampak ‘gahar’ dengan balutan strutbar. Kemudian beberapa part lainnya seperti silinder head yang dibubut 1.2mm, fly wheel 0.5.

Raungan suara beraura racing menjadi lebih terdengar dengan mengkastem header 4-1 dan endpipe 2″. “Kreasi inipun saya dapatkan berkat kerjasama solid antara saya dan dua orang mekanik ahli yang membantu. Kebetulan saya bekerja di salah satu bengkel resmi Daihatsu di Pangeran Jayakarta 28,” jelas pria yang juga selaku kepala bengkel Daihatsu ini.

Nuansa itu juga diperkokoh dengan penyematan brake califer 4 piston AP Racing dengan bubuhan disc brake berukuran 330 milimeter. Kemudian untuk velg menyematkan BBS ring 18″ lebar 8″ untuk depan dan lebar 10,5″ untuk belakang. Velg BBS itupun diperkuat dengan balutan ‘si karet bundar’ merk accelera berukuran 215/35/18″. Bahkan Sirion ini juga telah menyematkan sistem air suspensi sebanyak 4 titik, yang bisa dinyalakan dengan remote serta table handle.

Sirion-Borneo6

Oleh karena mobil ini kerapkali diajak mengaspal, hingga perangkat hiburan diperjalanan menjadi faktor penting. Mengusung konsep Fun SPL, sang owner mendandani sistem audio mulai dari head unit hingga sub woofer yang mampu mendongkrak suara yang maksimal hingga 143 DB. “Sebuah rekor suara yang cukup mumpuni buat saya,” ujarnya. Penambahan lainnya di sektor audio yaitu DJ entertainment serta Play Station 3 Slim, baik di depan maupun belakang.

Dolf berencana, untuk kedepannya Sirion ini akan dirubah di sektor interior serta teknologinya. Lantaran saat ini Dolf masih menggunakan teknologi remote control, dan nantinya dia akan menginstall sistem android di tiap fitur-fiturnya. “Usai event ini, kepinginnya sih gak diapa-apain, paling saya rubah sedikit yaitu merubah sistem remote control menjadi sistem android,” tuntasnya.

Teks dan Foto Alan

Spesifikasi Modifikasi Daihatsu Sirion th 2009

Eksterior: Bodykit custom, sunroof Wabasto, front door LH-RH Gullwing Motorized 4channel, Door handle release 4 pintu, door selenoid opened FR/LH-RH, Under spotlamp custom, headlamp custom, foglamp Blitz LH-RH. Interior : Leader seat full Murano Blast, steer quick release Sparco, Floor dek bordess alumunium 2mm, PS3 Slim, Tacho meter, oil temp, engine temp, voltage meter, monitor PS3 10″, Monitor 7″ 4 pc, spot lamp. Engine : Accu Stiger SPV69, silinder head porting polish intake dan exhaust, silinder head bub ut 1.2mm, fly wheel bubut 0.5, header custom 4-1, andpipe custom 2″, engine strutbar, piggyback prochip. Audio System : head unit double din Pioneer, single din Alpine, pre AMP Performa, Power Monoblok Performa PCA Refrense, Power 4channel. PCA Refrense, 2pc Power 4channel performa, capasitor bank 2pc PCA 5, Sub woofer Agako kompetisi 2pc 12″, sub woofer 2pc 9lift design 12″, midle range heartz 6.5″, midle performa 6″, midle 3pc Pioneer 6″, Midrange 3pc 3, tweeter 2pc, cable RCA Momentum, cable O AWG Harmtesam audio USA, Cable AWG Ultra Drive, Cable 8 AWG Accoustic, Cable speaker Accoustic.

LEAVE A REPLY