BAGIKAN
The Blue

Modifikasiplus.com – Kecintaannya terhadap dunia modifikasi sudah tertanam dalam diri Steven sejak masih duduk di bangku sekolah. “Inspirasi untuk menentukan konsep modifikasi muncul, ketika aku nonton film Fast n Furious, yang menampilkan se­luruh mobil dalam film tersebut mengadopsi konsep Street Rac­ing. Untuk menuntaskan has­ratnya tersebut, Steven lantas memboyong tunggangannya yang diberinya julukan The Blue ke beberapa rumah modifikasi yang ahli di bidangnya masing-masing. Seperti sektor mesin yang dipercayakannya kepada Victor, modifikator dari XS Mo­toring.

Dalam mengaplikasian piranti mesin, Steven mengaku kesulitan saat menginstalasi perangkat turbo yang dibe­namkan di balik bonet mo­bilnya, karena ada beberapa komponen yang tidak sinkron dengan turbo tersebut. Tetapi dengan kepiawaian dan keahl­ian XS Motoring yang terbiasa menghadapi masalah seperti ini, turbo HKS A/R 42 cukup mudah diaplikasikannya.

Guna menunjang performa kinerja turbo, Victor menyarank­an agar membenamkan piranti-piranti pendukung lainnya, dian­taranya mempesiunkan piston standar dengan rancangan CP dan stang piston produksi K1. “Agar kinerja mesin menjadi leb­ih maksimal, diaplikasikan ECU Hondata dan Dastek Q + IDrive, untuk pengaturan pengeluaran bahan bakar dan udara menjadi lebih sempurna,” imbuh pria yang hobi bermain badminton dan memancing tersebut.

Rasa penasaran Steven untuk mengetahui performa mesin­nya setelah dibenahi, ia pun lantas memboyong kuda besi miliknya kepada Soleh dari rumah modifikasi Sigma Speed. Tenaga standar FD1 miliknya yang sebelumnya hanya 195 hp melonjak menjadi 218 hp pada boost 0,353 bar. Dengan horse power yang dihasilkan, Steven yang hanya mengendarai The Blue setiap weekend saja, sema­kin percaya diri ketika melintasi jalanan beraspal.

Gubahan selanjutnya beralih ke sektor eksterior, dengan mengganti bodi kit diantaranya bumper depan dan belakang serta side kirt standar FD1 yang dirasakannya kurang mum­puni bila disejajarkan dengan konsep street racing. Karena itu, Steven mengaplikasikan bodi kit rancangan Type R serta lips spoiler JS Racing. Tak hanya itu saja, sektor aerodinamis juga turut dibenahi dengan menta­nam wing produksi JS Racing yang membuat tampilan FD1 semakin kokoh.

Usai pembenahan bodi kit plug and play se­lesai, lantas sekujur bodi FD1 dibalut dengan wrap­ping berwarna biru. Dan dari sinilah dirinya memang beren­cana merubah warna standar mobilnya, hitam dengan warna biru, seperti rencananya semula memberikan julukan pada tung­gangannya, The Blue. Untuk pengerjaan bodi kitnya, Steven mempercayakannya pada Satria, modifikator dari F1 Body Work “Namanya juga mobil street racing, pastinya sektor audio juga wajib dibenahi, selain mengganti head unit standar pabrikannya dengan produksi Alpine, aku membenamkan dua unit subwoofer 12”, power monoblock, power 4 channel, 2 way Hard, 2 way Heartz, coaxial yang seluruhnya tertata rapi di kabin bagasinya,” tambah Steven.

Steven juga menambah­kan, seluruh pengerjaan yang dilakukan bengkel-bengkel modifikasi tersebut, memakan waktu selama dua bulan. Karena harus menunggu barang dari SIngapura (turbo) dan coilover yang inden dari Malaysia. Semua piranti ini bukan dipesannya, tetapi dirinya langsung men­carinya sendiri ke negara tet­angga tersebut, dan juga mengunjungi bebera­pa rumah modifikasi di negara tetangga tersebut untuk mencari-cari tema yang tepat untuk kendaraan­nya di kemudian hari.

Spesifikasi Detail

MOBIL

Honda FD1 Tahun 2012

PEMILIK

Steven

MESIN

Turbo kit HKS, ecu hondata, injector civic, type R, piston cp, stang piston K1, Dastek Q + IDrive, turbo mod­ule, throtole module, kopling exedy, oil catch tank HKS, engine dress up, selang-selang Braded.

EKSTERIOR

Bodykit full bumper Type R, wing JS Racing, lips JS Racing, kap carbon Mugen RR, wrapping biru metalic.

INTERIOR

Jok Bride Lowmax, seatbelt Takata 4 Titik, Nos NX, jok belakang Auto Leather Nappa, rollbar custom 4 titik, tacometer Defi Boost, tem­perature Defi Boost, ampere Defi Boost. panel-panel Carbon

KAKI – KAKI

Pelek Ray Volk Rays R 18, ban Pirelli 225/40/18, rem depan Al­tech 8pot 356mm, belakang Altech 8pot 356mm, coilover GAB Se Series, swaybar Cusco, under­brase Cusco

AUDIO

Head unit Apline 117E, 2 pcs sub­woofer 12” Prokick PKX 3, power monoblock Prokick 6000W, power 4 channel Venom, 2 way Hard, 2 way Heartz, coaxial MTX Audio

SPECIAL THX

My Family, Option Platinum, F1 Body Work, XS Motoring

LEAVE A REPLY