BAGIKAN

Jakarta (MP) – Ajang World Rally Championship 2, kali ini memasuki tahap shakedown yang merupakan sesi resmi kualifikasi menjelang start. Dalam tahap ini seluruh pembalap bertarung untuk memperebutkan posisi start serta menguji tunggangan diatas lintasan. Dalam kesempatan tersebut Subhan Aksa (Ubang) memperoleh hasil positif dengan masuk peringkat start di posisi 6 besar.

Diatas lintasan khusus rally, ubang mampu memberikan waktu terbaiknya 3 menit 10,3 detik, dibawah Ott Tanak (Estonia) pembalap yang menjadi kandidat juara dunia WRC2 musim ini, dengan hasil waktu tercepat 2 menit 59,8 detik. Seluruh pembalap harus bertarung dengan kecepatan kendaraaan untuk mendapatkan waktu terbaik melalui lintasan khusus sepanjang 4,98 km.

Pada putaran ke-10 dari 13 serial FIA 2014 World Rally Championship ini, kelas WRC2 menjadi sorota tersendiri. Persaingan ketat terjadi terhadap seluruh pembalap dari empat kelas yang dilombakan, tak salah jika ajang ini disebut sebagai kelas berat untuk kejuaraan reli dunia. Tercatat terdapat enam kandidat yang berpeluang menjadi juara dunia 2014. Sepuluh ronde awal menghadirkan tujuh pemenang berbeda, sehingga untuk merebut gelar juara masing-masing pembalap masih memiliki peluang besar disisa kelas yang akan dilombakan.

Sayangnya, Ubang tak termasuk dalam kelompok enam kandidat itu karena prioritasnya di WRC2 memang masih sekadar menambah jam terbang dan peningkatan skill di balik kemudi. Meski begitu, ia dianggap sebagai salah satu kuda hitam berkat pengalaman dan prestasinya sebagai peringkat 5 PWRC (Production World Rally Championship) 2012. Jika mobil katagori RRC besutan Ubang mendapatkan set up mumpuni, Ubang bisa menjadi salah satu peserta yang mengacak-acak kelompok 5 Besar. Maklum, pengalamannya sudah memadai plus navigator senior Nicola Arena (Italia) di sebelahnya.

Khusus untuk kejuaran ini, Ubang memang tidak menargetkan posisi ideal, menurutnya keikutsertaannya dalam WRC2 ini sebagai bekalnya untuk menambah jam terbang, mengingat ajang ini diyakininya mampu memberikan pengalaman dan persaingan yang bisa mematangkan dirinya dalam ajang reli International lainnya. adm

 

LEAVE A REPLY