BAGIKAN

Setelah sukses di 2013 dan 2014, kini ’Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015’ kembali digelar. Program yang memberikan penghargaan kepada kota/kabupaten terbaik dalam hal penerapan program-program terkait road safety ini telah membuka pendaftaran kembali bagi para kota/kabupaten yang turut serta menerapkan prinsip tata kelola keselamatan jalan yang baik.

Semangat dari program penghargaan tersebut adalah sebagai upaya untuk terus memberikan dukungan kepada pemerintah kota/kabupaten yang telah bekerja keras menerapkan pilar-pilar road safety di daerahnya. Penghargaan ini juga ditujukan untuk mendorong pemerintah kota/kabupaten lain untuk terus berbenah agar tercipta sinergi yang baik antar semua kota/ kabupaten dalam meningkatkan kesadaran dan penerapan keselamatan jalan yang semakin baik dari waktu ke waktu.

” Kami dari IRSA setiap tahun memberikan report untuk evaluasi dari setiap Kota yang mengikuti IRSA. Lalu akan ada penilaian dari orang-orang yang ahli di bidangnya untuk setiap kota atau kabupatan yang mengikuti IRSA dan jumlah peserta tahun ini meningkat hampir dua kali lipat dari tahun lalu.,” ucap CEO Adira Insurance, Indra Baruna dalam acara Kick-Off ISRA 2015 dalam acara berbuka puasa dengan para media di Jakarta baru-baru ini.

Berdasarkan hasil riset tersebut, pemerintah kota/kabupaten peserta IRSA 2014 menganggap road safety adalah aspek penting karena berkaitan dengan angka kematian karena kecelakaan yang tinggi. Beranjak dari hal tersebut, maka keberadaan IRSA diperlukan karena dianggap sebagai motivasi bagi pemerintah kota/kabupaten untuk terus peduli dan meningkatkan atau memaksimalkan usahausaha terkait keselamatan jalan.

Dari 61 kota yang terdaftar, IRSA telah menjalankan proses seleksi yang dilakukan oleh sejumlah pakar dari berbagai stakeholder road safety. Setelah dilakukan proses seleksi, kini tersisa 16 kota atau kabupaten.

“Dalam ajang IRSA ini, yang terpenting memberikan inspiratif positif kepada pemerintah daerah. Kita bisa mendapat index dari kecelakaan yang ada di Indonesia. Apakah dari tahun ke tahun membaik atau memburuk. Ini menjadi indikator kita untuk mengambil langkah-langkah penting untuk mengurangi angka kecelakaan,” tambah Indra.

Kategorisasi Kota atau Kabupaten IRSA tahun ini dibagi menjadi empat kategori, yaitu:

– Kota dengan penduduk di atas 1 juta jiwa;

– Kota dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa;

– Kabupaten dengan penduduk di atas 1 juta jiwa;

– Kabupaten dengan penduduk di bawah 1 juta jiwa.

Rencananya, proses penganugerahan akan dilakukan November mendatang. Saat ini, seluruh semi finalis masih dalam proses penjurian yang didasarkan pada lima pilar, yakni safer management, safer vehicle, safer user, dan pre and post – crash response.  (IBD)

 

LEAVE A REPLY