BAGIKAN

Modifikasiplus.com, Jakarta – Pameran industri otomotif dan sparepart terbesar se- ASEAN, INAPA dan IIBT 2016 resmi dibuka, Selasa (29/3/2016) di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran.

Pameran yang akan berlangsung selama empat hari penuh mulai 29 Maret hingga 1 April 2016 ini dibuka oleh I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian.

Gelaran yang ditujukan bagi kalangan pengusaha dan pebisnis (business to business) ini menampilkan beragam produk industri komponen otomotif, beragam produk aksesoris kendaraan serta produk equiptment untuk kebutuhan industri, baik dari dalam maupun luar negeri.

Pameran INAPA 2016

Pada pameran ini, para pelaku industri difasilitasi dan dipertemukan untuk melakukan transaksi bisnis maupun mendapatkan partner bisnis baru yang tepat untuk menunjang kemajuan bisnis.

I Gusti Putu Suryawirawan, Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika  dari Kementerian Perindustrian menjelaskan, pameran ini menitikberatkan pada komponen-komponen industri otomotif dan karoseri. Menurutnya ini sejalan dengan kebijakan pemerintah dalam rangka mengembangkan industri sebagai salah satu prioritas dari 10 prioritas pengembangan industri nasional.

“Sebagaimana kita ketahui dari beberapa pengalaman dan sejarah bahwa industri hanya bisa tumbuh dan berkembang apabila industri komponennya cukup kuat juga menghasilkan produk-produk yang berkualitas,” kata I Gusti Putu Suryawirawan, di sela-sela pameran.

Pameran INAPA

Dia juga berharap melalui pameran ini jumlah industri komponen di Indonesia, seperti China bisa bekerjasama untuk mengembangkan industri komponen di Indonesia.

“Sebab kalau kita tidak bisa menghasilkan produk seperti bus ini tapi nanti waktu di tengah jalan waktu bis ini dioperasikan kemudian membutuhkan sparepart atau komponen, kalau tidak ada industri komponen yang cukup mumpuni, yang terjadi adalah kanibalisme kepada bus yang lain. Nah itu yang terjadi pada pengalaman-pengalaman kita di masa lalu,” pungkasnya. (Alan)

 

LEAVE A REPLY