BAGIKAN
Jazz Platinum Nominee King

Kalau anda pernah dengar celotehan; “mbah google tau segalanya”, inilah yang mengilhami salah satu seorang peserta kontes Car and Bike Modification di kota padang Sumatera Barat. Sandy Yudha namanya, pelajar kelas 3 salah satu SMU di Pekan Baru ini, yang sudah mempunyai hobi otomotif semenjak duduk dibangku SMP.

Terinspirasi dengan konsep street racing yang dia dapat dari hasil  “bertanya-tanya” sama “mbah” google. Dan hasilnya Honda Jazz RS lansiran 2013 ini berhasil menyabet juara kategori “Nominee King” di gelaran Car Festival and Bike Modification Padang, Sumatera Barat yang diikuti 170 peserta dari berbagai daerah.

SUN custom yang bermarkas di jln. dahlia ujung, Pekan Baru ini dipercaya sandy untuk menginstall Honda Jazz RS 2013 kesayangannya. Opik begitu sapaan sang installer di bengkel sekaligus club tempat sandy bernaung.

Lama proses pengerjaan instalasi membutuhkan waktu selama 4 bulan dan ini masih dalam tahap perkembangan,” jelas Opik sang installer. Jadi pada saat mengikuti gelaran Car and Bike Modification di Padang kemarin, mobil sandy baru ter-install sekitar 40 % guna mengejar keterbatasan waktu untuk mengikuti gelaran tersebut. Kembali menurut Opik, “mobil datang ke bengkel dengan kondisi 80 % masih orisinil, hanya pada bagian audio dan velg saja yang sudah mengalami perubahan”. Hal pertama yang dilakukan sang installer adalah merubah warna mobil dengan menyiram merah candy tone keseluruh body mobil yang juga dilapisi siralik gold dengan memakai pernis Hash Diamond pada finishingnya.

Setelah repaint selesai, lanjut ke eksterior, dimana semua body kit di-custom, dari bumper depan, bumper belakang, kap mesin, side skirt, spoiler dibuat custom dengan bahan fiber dan dilapisi carbon sebagai finishingnya, sedangkan head lamp juga custom dengan memakai projector custom dengan lampu DRL, fog lamp cover juga tertutupi carbon, velg, atap, dan bagasi semua sama covering by carbon, dengan menyesuaikan keinginan pemilik yang terobsesi mengadaptasi tampilan GTR pada bagian depan. Yang menarik adalah penggunaan  gulwing, “proses pengerjaannya membutuhkan waktu seminggu,” ujar opik.

Berlanjut ke bagian engine, Opik menjelaskan bahwa mesin belum berubah total atau belum full spec, hanya pada bagian di kompresor yang memakai HKS, oil cooler HKS, open filter HKS, dan saringan udara, kemudian selang-selang memakai Samko, dengan intek dipertahankan memakai aslinya serta chasis yang di chrom. Selanjutnya rencana tambahan kedepan; keinginan sandy untuk menanamkan turbo pada mesinya

Pada bagian interior, perubahan terjadi pada dashboard yang keseluruhan dilapisi carbon, serta jok memakai bride, ditambah rollbar 6 titik dengan seat belt 4 titik. Untuk instalasi Audio, ditanamkan merk Kenwood untuk head unitnya, twitter, power dan subwoofer keseluruhan memakai Diablo Venom,

Kemudian perubahan terjadi pada kaki-kaki bagian belakang dengan chamber minus 15, sedangkan pada velg depan dan belakang yang keseluruhan memakai merk 5T2 yang juga dilapisi carbon, dengan lebar sama. Jadi keseluruhan titik carbon pada eksterior dan interior total sebanyak 74 titik. Dari keseluruhan proses instalasi, menurut opik hanya pada kesulitan di pemasangan carbon saja.

Spek Modifikasi :

Eksterior :

#. Body kit bumber depan dan bumber belakang dan sidekirt dicustom (fiber)

#. Kap mesin (fiber+carbon)

#. Spoiler custom (fiber+carbon)

#. Lip depan, belakang dan samping semua custom (Fiber+carbon)

#. Sirip bumper belakang karbon

#. Fog lamp cover depan dan sirip custom (F+C)

#. Head lamp projector custom

#. Spion carbon

#. Velg rim 17” carbon

#. Roof carbon

#. Hadle pintu carbon

#. Pilar pintu carbon

#. Cover kaca samping depan carbon

#. Cover depan bumper carbon

#. Body Cutting sticker

#. Repaint Red Candy Tone

Interior

#. Dashboard carbon di 19 titik panel

#. Doortrim full carbon di 13 titik

#. Jok bride racing dengan kulit bride

#. Speedometer lamp memakai indiglow nipon racing

#. Rollbar custom

#. Audio : power dan subwoofer venom Diablo 12”

#. Head Unit Kenwood

#. Seat belt bride.

Engine :

#. Stut bar

#. D1 spec oil catch tank

#. Selang Samko racing

#. Kompresor HKS racing

#. Oil Cooler HKS racing

#. Saringan udara HKS racing

#. Tutup head carbon

#. Chrom chasis

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY