BAGIKAN
My First Lady

Modifikasiplus.com – Jujur Guys, teriknya minggu siang saat berada di Sirkuit Sentul bikin kepala pening. Bukan hanya teriknya mentari yang bersinar terang, suara kenalpot memekakkan telinga dan hawa mesin yang berkompetisi saat itu menjadi biangnya. Namun ada pemandangan yang tidak biasa. Mata tertuju pada sesuatu sosok yang memikat hati untuk mendekatinya. Bukan seorang putri atau bidadari ‘geulis’ yang konon bikin jantung saya mengelepar. Akan tetapi sebuah sedan fastback 2 pintu dengan sepatu multi spoke jika saya artikan layaknya kaki betis membunting padi. Sosok itu sebuah Nissan Fairlady 370 Z bukan seorang wanita yang anda kira. Namun yang pasti tubuh Fairlady ini memang sedikit bikin ngeres sel – sel otak, ditambah tubuhnya yang landai itu memiliki ground clearance-nya yang bisa merayap aspal karena begitu dekatnya dengan permukaan bumi, pokoknya Lady satu ini begitu indah jika dilihat secara seksama, My First Lady.

Namun Ia bukanlah asli dari Ibu Kota, Lady ini berasal dari seberang pulau Jawa. Jauh dari kota Lampung, sport car asal Jepang ini datang ke Sentul hanya meng-eksis-kan diri sebagai sebuah sedan yang punya identitas sebagai mobil kencang. Bukan karena platform sebagai sedan sport dua pintu itu saja, akan tetapi mesin yang disandangnya merupakan salah satu yang terbaik di habitat para speed enthusiast di muka bumi ini.

Kontes modifikasi yang Budi ikuti memang mengharuskan si Lady ini bertransformasi. Tidak cukup dengan subtitusi velg, suspensi dipilih yang mampu menaikkan derajat Fairlady lebih terlihat eksotis. Suspensi yang mampu bergerak up side down secara otomatis dipilih pemiliknya sebagai jurus jitu untuk membuat judge terpana. Perangkat suspensi standar di ganti dengan yang lebih high end. Suspensi udara dari Universal Air dengan konfigurasi 4 titik terinstal di kolong fender. “Lebih sedap dipandang saat Fairlady diparkir dan suspensi di setting sampai kandas, visualnya enak dilihat,” ujar pengusaha sukses ini. Tidak berlebihan memang Budi menginstal Universal Air di tunggangannya. Selain visualisasi yang dihasilkan memang sangat ciamik, proses pemasangan tidak merombak banyak komponen penunjang kendaraan. Tinggal ganti shockbreaker Fairlady dengan Universal air dan tabung udara serta kompresor yang diatur di bagasi belakang agar estetika tetap terjaga sebagai sport car.

Fairlady ini begitu digdaya dengan cukup menggunakan air suspension di ajang kontes modifikasi di Palembang selama tahun 2013 lalu. Penyebabnya, 370Z ini satu – satunya yang menggunakan suspensi udara di Tanah Air. “Sering ikut kontes di kota Palembang, pengen ikut sesuatu yang baru, maka dari itu saya pengen coba main ke Sentul dan main drag race dengan fairlady saya ini,” ungkapnya. Maka dari itu, segala sesuatu dipersiapkan Budi agar Fairlady miliknya mampu berkompetisi di trek lurus 402 meter. Dan seperti yang telah di terangkan di paragraf ke dua, Budi mulai ‘berani’ mengeksplorasi perangkat penambah daya instan dengan skema turbocharger.

Namun sayang, transmisi outomatis 7 percepatannya yang mengadopsi triptonic menjadi kendala Budi untuk melakukan Drifting. Dan belum dibukanya speed limiter kecepatan bisa dipanteng hanya di angka 180 Km/jam, akan tetapi kecepatan maksimal itu bisa diraih hanya hitungan 10 detik, sadiskan. But its oke, pemiliknya memang cukup puas dengan beberapa ubahan yang terjadi di sedan dua pintunya. Kenceng oke, visualnya juga sangat menarik. Namun ada pertanyaan yang menggilitik untuk Budi dan sang Lady mengapa datang dari Lampung dan hijrah ke Sentul dengan waktu yang hanya 2 hari. “Di Lampung, enggak ada sirkuit. Padahal speed enthusiast di Lampung banyak sekali. Kebetulan temen – temen dari Depok ngajak saya untuk main di Sentul, ya akhirnya saya ikuti dengan bawa beberapa mobil dan Fairlady ini,” ucapnya.

 

Spesifikasi

Mobil

Nissan Fairlady 370Z 2009

Pemilik

BUDI

Mesin

Twin Turbocharger GReddy TD06-20G, GReddy X-Large Type-29 R-Spec Intercooler, GReddy heavy duty cast turbo manifold, GReddy type T external wastegate, GReddy Airinx intake system, GReddy aluminum piping turbo, GReddy oil catch tank, GReddy silicon hoses, HKS blow off, piggyback Unichip Dastek Type Q+, turbo modul Unichip Dastek, exhaust system HKS

Kaki – Kaki

Air suspension Universal Air 4 titik, velg XXR 527 18×8,75×9,75inci, ban Toyo Proxes S4 235/40ZR18 & Nitto NT01 275/35ZR18

Eksterior

Replacement grill mount bumper

Interior

OEM Nissan Fairlady 370Z

Thanks To

Tuhan Yang Maha Esa, Keluarga (Istri & Anak-anak), Teman – teman dan team balap

LEAVE A REPLY