BAGIKAN
Modifikasi Toyota Yaris

Modifikasiplus.com – Sejak Toyota Yaris pertama kali diluncurkan oleh PT. Toyota Astra Motor (TAM) pada tahun 2006 lalu, banyak menarik perhatian para pecinta otomotif, khusus para kawula muda. Salah satunya yang kepincut dengan sosok mobil berkategori hatchback tersebut adalah Hansen Purnomo, pemilik modifikasi Toyota Yaris Tahun 2013 yang termasuk regenerasi kedua. Bagi Hansen, desain Yaris produksi kedua tampil lebih stylish dan nyentrik, bila dibandingkan dengan produksinya yang pertama.

“Aku memang tergoda dengan produksi Yaris yang kedua dengan tampilan new face, baik dari segi eksteriornya maupun interiornya. Bisa dibilang, model Yaris merupakan salah satu mobil baru yang desainnya gak akan ketinggalan jaman,” ungkap Hansen yang mengadopsi konsep modifikasi bergaya elegan pada tunggangannya.

Penggila otomotif khususnya modifikasi memang sudah merencanakan terlebih dahulu konsep elegan yang akan diadopsi pada tunggangannya, setelah berada dalam genggamannya. Dan untuk merealisasikan niatannya dalam memodifikasi, Hansen mempercayakan pengerjaannya pada Iwan Susanto, punggawa ASM (Auto Skill Modification) yang berlokasi di Jakarta Pusat.

Pengerjaan berawal dari sektor eksterior, kontruksi Yaris pabrikan yang bergaya sporty dirubah dengan eksterior berkonsep elegan tanpa harus melakukan perubahan keseluruhan, hanya eksterior saja. Seperti bodi kit standar bagian bumper depan dan belakang standar yang dipensiunkan dan digantikan dengan model Custom berbahan fiber.

Aksesoris yang disinyalir turut memperkental aroma elegan yang memang sudah dipersiapkannya sejak pertama kali memboyong Yaris, juga tak luput diaplikasikannya. Bahkan warna asli Yaris yang juga berwarna hitam, semakin dipertebal dengan siraman cat super black.

“Ide modifikasi ini timbul dari mobil aku sebelumnya, yang juga bergaya elegan yang mungkin hampir sama dengan konsep terdahulu. Bisa dibilang pengerjaannya cukup kilat sekitar satu bulan, karena memang gak banyak aksesoris yang dijejeli disekitar eksterior,” imbuh Hansen.

Sarana entertainment juga wajib dibenahi, sesuai dengan konsep elegan yang diusungnya. Perubahan diawali dengan mengganti head unit standar dengan rancangan Skeleton double din. Sebagai penyalur suara jernih, Hansen mempercayakannya pada 3Way Focal yang diklaimnya mampu menghasilkan suara yang pas.

Untuk cerobong suara yang menyemburkan suara menggelegar, Hansen membenamkan dua unit subwoofer 12” yang ditopang dengan power amplifier untuk mengangkat kualitas suara subwoofer dan 3Way yang tersemat di kabin pilar A dan B. Serta satu set speaker belakang VOX yang dipercayakannya mengisi aliran suara selain 3Way.

Aliran suara yang cukup berat dan banyak mengeluarkan aliran listrik, sering terjadi dalam penginstalan audio. Tetapi hal ini tidak membuat Hansen khawatir, 2 pcs capasitor bank 1,5 F juga disematkan di kabin bagasi untuk menstabilkan aliran listrik tersebut.

“Aku juga merancang boks kosmetik yang lumayan ciamik, yang tidak terlihat membosankan bila sering dilihat dan sering membuat kangen, bila sehari saja tidak melihat sektor audio yang tersimpan dalam boks kosmetik tersebut,” ungkap Hansen tertawa.

Spesifikasi Detail

Mobil

Toyota Yaris Tahun 2013

Pemilik

Hansen Purnomo

Eksterior

Body kit Custom, muffler Kakimoto, cat Dupont Super Black, stoplamp Sonar, HID Starlight 10.000 K, foglamp Starlight, air scoop, tow hook Custom

Interior

Jok MB Tech Camaro Custom, GPS Garmin

Kaki-kaki

Velg Forged Wheel R15x7, ban Dunlop SP Sport 185/60/15

Audio

Head unit Skeleton SK8750, speaker depan Focal 3Way, speaker split Fo-cal, speaker belakang VOX Research, 2 pcs subwoofer PCA Ultimate UH22 12”, power Metalic DM Series, power monoblock LM Audio 1200, 2 pcs capasitor bank Symbion 1,5F

Special Thanks TO

GOD, Auto Skill Modification, All Friends

LEAVE A REPLY