BAGIKAN
Modifikasi Odyssey
Maksimalkan penampilan dengan mengkastem keseluruhan eksteriornya dengan kiblat style racing JDM meski performa tetap ia jaga keasliannya.

Kalau sering main dan melihat-lihat kontes modifikasi yang diadakan di Tanah Air, baik di Ibu Kota Jakarta, atau daerah-daerah besar Indonesia. Banyak sekali gaya dan konsep ubahan para modifikator muda dalam menuangkan kreasi diatas tunggangan mereka. Ada yang identik dengan performa mesin, ada yang bermain style mewah gaya mobil hip hop adapula yang mengedepankan penampilan luar yang menarik nan eksotis.

Pastinya, semua kreatifitas mereka tersebut lahir dari keseriusan dan hobi mereka didunia utak-atik otomotif. Salah satu anak muda Surabaya yang biasa dipanggil Yohan pun tidak ketinggalan menampilkan hasil ubahannya dalam ajang kontes modifikasi bertajuk Class Mild Accelera Auto Contest 2011. Aksinya ditunjukkan pada mobil hariannya, Honda Odyssey berkelir putih ini dengan menyulap tampilan eksteriornya menjadi semakin sedap dipandang.

Melihat ubahannya, Yohan tampaknya lebih senang dengan body eksotis bergaya mobil-mobil JDM (Japan Domestik Market). Baginya karakter JDM lebih macho dibanding gubahan yang lain, “Konsep JDM enak aja diliat dan enggak malu-maluin, mobil sederhana tapi kelihatan sangar dan gampang dibikin, karena contohnya banyak,” buka Yohan.

Body ramping Odyssey lansiran 2008 ini disulap dengan langkah custom hingga hampir menutupi seluruh bagian, hingga identitas asli tersamar. “Walaupun sudah banyak bodykit Odyssey yang add-on, tapi saya pengen yang beda dari yang lain, jadi hampir semuanya saya kastem,” ucap Mahasiswa disalah satu Universitas kota Surabaya ini.

Mulai dari bumper depan diolah layaknya sedan street yang menonjolkan tarikan body aerodinamis dan memiliki tampang yang menantang, salah satunya seperti membuat grill model yang lebih plong dan menambah aksesori lubang udara (air scoop). Diluar itu, Yohan juga menggantikan dudukan lampu kabut (foglamp) yang kemudian diperkuat lagi melalui spoiler bermaterial karbon.

Ubahan bagian muka dipadu dengan meng-custom bagian lampu utama dengan didesain sipit, hingga memancarkan tekstur mata yang tajam. Agar lebih punya aura seperti mobil berkecepatan tinggi, kap mesin dibentuk memiliki hood besar dan riasan cutting sticker OEM HKS. Kesatuan penampilan racing ini diwakili juga dari side skirt hingga bagian buritan yaitu diffuser dengan dua buah dudukan knalpot racingnya.

Sampai disini saja kita sudah bisa meng-iya’kan kalau Yohan lebih suka bergaya racing JDM, apalagi sisi samping tunggangannya hampir dipenuhi dengan sticker OEM warna silver gradasi yang notabene nama Tuner tersohor berhaluan racing. Tidak mentok sampai disini saja, Yohan ingin sedikit memadukan gaya JDM dengan sedikit gaya kaki-kaki anak muda Eropa di era tahun 90-an yang sering disebut dengan hella flush, dimana bibir pelek terlihat jelas tidak terbalutkan ban dan posisi pelek lebih keluar dari body, walaupun tidak sampai ekstrim seperti sejatinya gaya hella flush.

Untuk menghadirkan gaya tersebut, Yohan hanya memanfaatkan pelek dengan ukuran lebar 9 inci, dengan begitu membuat roda terlihat lebih menonjol dan buat anak muda ini, dengan tampilan tapak kaki-kaki Odyssey-nya yang dianutnya bobot roda ke aspal jadi lebih erat. Hasilnya sudah bisa dibayangkan mobil dipaksa memikul beban lebih, sehingga mobil ini tidak bisa melaju dengan kecepatan tinggi. ”Saya suka aja pelek lebar walaupun pas jalannya jadi lebih berat,” aku Yohan dengan pelan. Selain pelek, bagian penyangga sekaligus peredam kejutnya, Yohan mengubahnya jadi berspek sport agar aman menjaga berat beban dan nyaman selama perjalannya, untuk itu ia mempercayakan suspensi HKS Hypermax.

Meski kental dengan hawa sporty dengan tambahan jok berinisial Sparco, dibagian performa mesin tampaknya Yohan tidak menginginkan perubahan yang signifikan, jadi maksimalisasinya hanya terfokus pada urusan performa tampilan luar bukan performa eksterior maupun mesin. Tapi dengan langkah itu, Yohan tetap pede’ dengan aliran yang ia usung. Apakah masih punya rencana kedepannya? “Belum ada sih! begini aja udah cukup,” tutupnya.

Teks: M. Rasyid Ridha | Foto: Chris Pramudya

SPESIFIKASI

Mobil

Honda Odyssey 2008

Pemilik

Yohan

Eksterior

Full bodykit custom carbon, kap mesin carbon, emblem Mugen, full lamp custom.

Kaki-kaki

Pelek Rays GTC R20X9, ban Toyo Proxes 245/35/20, sokbreker HKS Hypermax, per HKS hypermax, baut pelek Rays.

Interior

Jok Recaro, pedal set Momo.

Special Thanks

Teman-teman member.

 

LEAVE A REPLY