BAGIKAN
Modifikasi Nissan Juke

Modifikasiplus.com – Berawal dari bertukar pendapat tentang dunia modifikasi dengan sesama rekan-rekan komunitasnya dari NJIA (Nissan Juke Indonesia Association) dan juga mengacu kepada konsep modifikasi yang diambilnya dari beberapa media online dan juga media cetak, Liem Khi Bui lantas me modifikasi Nissan Juke Tahun 2011 dengan konsep street racing.

Proses modifikasi berjalan seiring upgrade bagian apa yg ingin dilakukan, berawal dari custom bodykit yg cukup menyita waktu sekitar satu setengah bulan. “Pembuatan bodi kit mengikuti konsep street racing, yang temanya diambil dari beberapa modifikasi di dalam dan luar negeri,” jelas Liem yang sejak pertama membeli mobilnya langsung dari diler hanya memberikan sentuhan modifikasi ringan. Mengingat spare parts untuk Juke masih terbilang masih minim.

Saat pembenahan sektor eksterior inilah, Liem mengalami kesulitan pada saat melakukan custom bodykit, terutama proses wide fender yang harus presisi dengan lekukan yg dinamis dan finishing berkualitas, Tema dasar bodi kit diambil dari konsep Rocket Bunny yang dikembangkannya berdasarkan ide sendiri. Waktu yang dibutuhkan untuk merancang bodi kit sendiri memakan waktu sekitar 2-3 bulan agar rancangan bodi kitnya tersebut tidak melenceng dari tema street racing yang sudah dikemasnya.

Pria penggemar olahraga ini juga membenamkan impul GT – Wing yang memang identik untuk mobil-mobil berkonsep street racing. Serta melakukan wide body yang merupakan rancangan Rocket Bunny dan juga Pure carbon hood yang tersemat di sisi kiri dan kanan kap mesin.

Setelah pembenahan bodi kit selesai, proses penempelan cutting sticker juga mengalami sedikit kesulitan. Pasalnya setiap detail cutting berbentuk potongan kecil disusun dengan rapi yang harus benar-benar presisi. Untuk proses penempelan cutting sticker ini sendiri, Liemmembutuhkan waktu sekitar satu minggu. Dan Liem juga merasa puas, kini tampilan tungganggannya terlihat lebih manis.

Gubahan mesin juga sudah diperhitungkannya dengan matang, piranti-piranti yang dipilihnya lebih kepada parts asli dan sudah teruji kualitasnya, seperti HKS, Pivot, Nismo, Piggyback dan Throttle modulemerk Dastek serta fullset exhaust buatan lokal merk Kansai, Semua parts bolt on ini memang dikembangkan khusus Juke sehingga meminimalisir piranti custom yang sering trial error. “Saat test dyno yang sudah dilakukan, tenaga hanya meningkat sekitar 35 hp, mengingat mesin masih N/A,” tukas wiraswasta ini. Untuk pengerjaan mesin ini, Liem memberikan kepercayaannya pada Exess Motoring, Rev Engineering dan SM Motorsport.

Untuk mempertegas kesan street racing, Liem juga membenahi sektor interiornya dengan membenamkan jok bucket menggantikan peran jok standar pabrikannya. Bucket seat Bride dengan sabuk pengaman rancangan Takata. Bahkan jok di bagian belakang dicopotnya, agar lebih mudah membenamkan Xbar/Harnessbar yang tertanam hingga kabin bagasi.

Liem yang mengaku Nissan Juke miliknya jarang dipakai, ini dibuktikannya dari KM yang terpampang di speedometer baru menunjukkan 9800-an meskipun usia Juke dalam genggamannya sudah mencapai 3 tahun. Dan sejak pertama kali digenggamnya hingga kini, Liem mengaku sudah membedah Juke miliknya hingga 5 kali mengalami perubahan. “Untuk konsep terakhir ini, saat cukup puas, meskipun belum secara keseluruhan. Dan kedepannya masih perlu adanya pembenahan kembali, terutama bagian performa masih sangat kurang sebelum piranti turbo kit sejenisnya yang bisa memaksimalkan tenaga mesin,” tambah Liem yang mengaku secara keseluruhan memakan waktu sekitar 6 bulan.

Spesifikasi Detail

Mobil

Nissan Juke Tahun 2011

Pemilik

Liem Khi Bui

Mesin

HKS Racing Suction kit, HKS Grounding, Pivot Raizin, Nismo Radiator + Oil cap, Kansai full exhaust system Header – Resonator – center muff – Dual pipes muff, Dastek unichip Q+, Dastek Throttle module

Eksterior

Kenstyle bodykit (Wing, Bumper front/rear), Pure carbon hood, impul GT- wing, Full detail cutting sticker, Wide Bodies “Rocket-Bunny”

Interior

Bucket seat Bride, Takata belt, pedal set Custom, Defi gauges, xbar/harnessbar, custom Pilars, BRIDE interior suede theme

Kaki – kaki

Velg Rota 18 9.5/10.5 +30/25, ban Accelera depan 225/45/R18 dan belakang 235/45/R18, Tein coilover, Aluminium lugnuts, Cusco strutbar, Cusco underbrace, ATS Bigbrake kits 4 pot 330mm Audio

Head unit Sony XAV-701BT, Power Cube Acoustic 4channel, Power Pioneer D9601 monoblock, Volt stabilizer, Speaker Focal 1S-165 2way, Subwoofer Pioneer W260D4 10”, peredam Checkmat

Special Thanks To

Tuhan Yang Maha Esa, Keluarga, NJIA (Nissan Juke Indonesia Association), Bengkel SM – Motorsport, Hengky Carlos Bodywork, Rev Engineering, Excess Automotive

LEAVE A REPLY