BAGIKAN
Modifikasi Nissan 350Z

Modifikasi Nissan 350Z – Dipoles, Tambah Sexy, Sport car asal Jepun ini memang enggak ada matinya untuk dijadikan obyek modifikasi. Baik dari penampilan maupun dari mesinnya yang dahsyat.

Namun tidak demikian dengan Adi “Abel” Wisesa, seorang pembalap yang tidak selalu puas dengan performa mobil. Abel, sapaan akrabnya, rupanya ingin menyesuaikan performa 350Z sebagai tunggangan hariannya yang selaras dan karakter pribadinya yang suka ngebejek pedal gas ampe mentok. Padahal sedan dua pintu ini sudah punya label Veilside Version, tentunya telah mengalir aura racing. Namun naluri modifikasinya selalu merasuk hatinya untuk memberikan polesan-polesan segar agar 350Z miliknya lebih keren dan kencang lagi.

Menurutnya, dandanan Veilside meski sudah tampak terkesan sporti dan racing tidak menjadikannya nyaman saat dibesut di kondisi jalan raya yang padat. “Tampilan bodi terkesan gembung, jadi serba susah untuk diajak ngebut maupun diajak selap-selip. Untuk itu gue ganti dengan body kit hasil cetakan Wald agar lebih terkesan ramping dan lincah,” ungkap Abel.

Tanpa mengurangi karakter asli dengan tarikan garis-garis dinamis dongkrak ke-sexy-an sosok Fairlady sebagai mobil sport. Bagian depan, tudung mesin buatan Varis dengan lubang air scoop mencirikan performa mesin yang wah. Kesan racing yang terpatri berkat lapisan beraksen karbon dipermukaan kap mesin. Desain bumper yang beringas dengan air dam yang besar memudahkan udara untuk masuk ke ruang mesin.

Layaknya modifikator sekaligus pembalap, Abel tahu benar untuk menjadikan mobilnya bisa ngacir bagai kilat. Untuk itu segala peranti yang dianggap hanya menambah bobot kendaraan harus dipangkas, terutama bagian kaki-kaki. Lantas pelek bergaya racing dengan bobot yang ringan dianggap bisa mengurangi beban sekaligus dongkrak tampilan eksterior.

Untuk dapur pacu, mesin bertipe VQ35DE yang mampu menyemburkan tenaga sebesar 285dk itu dirasa cukup kencang. Abel juga melakukan remapping pada ECU agar sistem perpindahan transmisi lebih akurat dan lebih ringan sehingga dihalau oleh kopling twinplate. Tak sampai di situ, unsur sistem pendingin mesin juga mendapat polesan berarti.

Agar tenaga lebih spontan di putaran bawah dan raungan mesin terdengar sanggar. Cerobong gas buang disalurkan lewat pipa knalpot yang terbuat dari bahan bermaterial stainless. “Sementara ini segini dulu, itu juga sudah bisa diandalkan sesuai harapan. Selanjutnya gue punya niatan untuk mengaplikasikan turbo kit biar lebih wah lagi tarikannya,” ujarnya lagi.

Teks: Yacob | Foto: Chris Pramudya

SPESIFIKASI

Mobil

Nissan 350Z Veilside Version 2003

Pemilik

Ebel Wisesa

Eksterior

body-kit Wald, engine-hood Varis, spion Veilside, muffler Fujitsubo

Kaki-Kaki

coil-over Cusco, strutbar Carbing, rem Brembo, pelek Volk Rays TE-37 Time Attack (9.5+10.5) R19, ban Toyo Proxes T1R (235/35+285/30) ZR19

Mesin

engine cover Stout, cooling plate GReddy, radiator cap Nismo, clutch Ogura twin-plate carbon, busi HKS Competition, oil HKS Turbo SAE 10/40, air filter HKS, Samco hose

Special Thanks

Wisesa Motorsport

LEAVE A REPLY