BAGIKAN
Modifikasi Mitsubishi Lancer EX

Modifikasiplus.com – Kecintaannya terhadap dunia animasi sejak kecil, membuatnya terinspirasi untuk menghiasi tunggangan kesayangannya dengan tokoh animasi antagonis. Mobil sedan modifikasi Mitsubishi Lancer EX Tahun 2008 yang diboyongnya beberapa bulan lalu masih dalam keadaan standar, dirasakannya tepat untuk melampiaskan keinginannya tersebut.

Harmindo Putra sang penunggang Lancer, sebelumnya sempat kewalahan untuk mengaplikasikan konsep animasi yang cocok. Setelah berselancar di dunia maya mencari tema yang tepat, Mindo sapaan akrabnya kepincut dengan tokoh pembunuh bayaran yang terlihat kalem namun membahayakan. Lantas ia pun memboyong kuda besi miliknya ke salah satu rumah modifikasi Pacman yang bertempat di Mega Glodok Kemayoran.

Pengerjaan sektor eksterior cukup memakan waktu sekitar dua minggu, untuk mendapatkan hasil yang maksimal. “Awalnya seluruh bodi di wrapping terlebih dahulu kemudian baru di rancang desain animenya. Iwan dari Pacman benar-benar teliti dalam pengerjaan cuttingnya, hingga hasilnya seperti yang sekarang ini,” papar Mindo yang sangat puas dengan desain animasinya tersebut.

Gubahan berlanjut ke sektor mesin, dari sinilah Mindo mengaku kesulitan mendapatkan spare parts untuk tunggangannya. Mengingat aksesoris untuk Lancer miliknya sudah jarang ditemui. Karena tekadnya yang bulat untuk mengoprek sektor mesinnya, Mindo pun meminta bantuan teman-temannya. Namun mereka juga kesulitan untuk mendapatkannya, dan akhirnya mereka mengusulkan untuk pesan langsung dari Mitsubishi.

Setelah pesanan spare parts tiba, Mindo mengklaim mengerjakan sektor mesinnya sendiri bersama dengan rekan-rekannya dari komunitas Ex.Id. Seperti penggantian open filter, header hingga muffler yang mengaplikasikan sistem bolt on, dengan tujuan untuk meningkatkan tenaga mesin.

Modifikasi berlanjut ke bagian kaki-kaki, untuk memperkental konsep racing, pria yang hobi nonton ini membenamkan pelek berdiameter 17” dengan lebar 5 inchi. yangdibalut dengan donat karet berukuran 215/55/17. Serta memperkokoh sector suspensinya dengan mengaplikasikan shockbreaker Kayaba.

Perombakan total justru dilakukan pada sektor audio yang membenamkan segala jenis perangkat audio dalam kabin bagasinya. Agar mendapatkan suara yang benarbenar diharapkannya, Mindo membawa kuda besi miliknya ke rumah audio Din Audio yang digawangi oleh Udin yang juga terletak di MGK Kemayoran Jakarta Pusat.

Memanfaatkan kabin bagasi yang terbilang luas, tiga unit subwoofer berdiameter 12” dibenamkan ke dalam boks custom yang dirancang menyesuaikan ukuran bagasi. Mengadopsi konsep SQL, Mindo Cahya mendambakan kualitas suara bervolume besar namun tetap mengutamakan kesempurnaan vokal yang dikeluarkan.

Dentuman suara yang dihasilkan tersebut, tentunya harus ditopang perangkat lainnya agar kualitas suaranya tidak kendor. Karena itu, Cahya membenamkan satu unit power 4Channel yang berfungsi mengangkat suara dari speaker dan power monoblock yang difungsikan meningkatkan kualitas suara yang disemburkan dari 3 pcs subwoofer 12”.

Adapun sebagai pemutarnya, Mindo masih mempercayakannya pada head unit pabrikannya yang dipadukan dengan processor DSP agar dapat menghasilkan suara yang benar-benar jernih. Dan tak lupa juga, untuk menjaga kestabilan aliran listrik ke seluruh perangkat audionya, disematkan dua unit capasitor bank yang masing-masing berkapasitas 3F.

“Secara keseluruhan, modifikasi untuk Lancer memakan waktu sekitar 1 bulan. Dan saat ini saya sangat puas dengan hasil yang ada, belum ada rencana untuk melakukan up grade. Walapun terlihat sederhana modifikasinya, tapi sudah bisa menarik perhatian masyarakat yang tergoda melirik mobil saya,” tambah Mindo sambil tertawa.

 

Spesifikasi Detail

Mobil

Mitsubishi Lancer EX Tahun 2008

Pemilik

Harmindo Putra

Mesin

Hks universal muffler, Super circuit header – center, open filter air Simota carbon charger 2, throtle control Shadow, tachometer Defi, vacum oil temp Defi, Turbo ventilators, Cyclone 5

Eksterior

body kyt Custom

Kaki – kaki

velg Gio R17 lebar 5”, ban Toyo Proxes 215/55/17, shockbreaker Kayaba, per depan Custom audio Processor DSP 808, power 4 channel Rodex, power monoblok Cliff Design, JL Subwoofer 12”, 2 kicker subwoofer, 2 pcs capasitor bank Intersys PC.3.0D

Special Thanks To

Orang tua, Imam Pacman, Udin (Din Audio), Ex.Id Community

LEAVE A REPLY