BAGIKAN
Modifikasi Mirage

Modifikasiplus.com – Dalam edisi kali ini, Majalah Modifikasi Plus mencoba menampilkan beberapa kendaraan yang termasuk kategori Low Cost Green Car (LCGC), yang memang banyak diminati para pecinta otomotif, khususnya penganut modifikasi. Selain harganya yang murah, tetapi bukan termasuk mobil murahan, juga dirancang senyaman mungkin, agar para konsumen yang memboyong mobil ini tidak merasa menyesal. Hampir semua mobil LCGC yang tampil dalam bulan ini, mengadopsi konsep Stance, yang memang kini booming kembali setelah sempat vakum beberapa tahun lalu. Salah satunya adalah modifikasi Mirage produksi tahun 2013 yang ditunggangi oleh Jeremy Tanusdjaja yang dipilihnya karena karakter mesin Mirage yang terbilang irit.

Terlebih lagi statusnya sebagai mahasiswa, yang masih terbilang terbatas akomodasi yang diberikan orang tuanya, membuat Jeremy tertolong dengan konsumsi bahan bakar Mirage yang dirasakannya tidak menguras kantongnya.

Namun, sebagai pecinta otomotif khususnya modifikasi, pemakaian kuda besinya yang dijadikannya sebagai teman menuju ke kampus di bilangan Semanggi Jakarta Selatan dibiarkan dalam kondisi standar selama satu tahun, cukup membuatnya bosan. Timbul inisiatifnya untuk membenahi kendaraan LCGC nya tersebut, dengan mempersiapkan segala aksesoris yang dibutuhkannya.

Berawal dari konsep racing dari Jepang yang sedang marak saat itu, cepat membuatnya bosan, pecinta fotografi beralih konsep modifikasi bergaya stance. Apalagi saat membenahi tunggangannya dengan konsep stance, banyak tantangan yang harus dilaluinya. “Tantangannya adalah saat menceperkan Mirage dengan tingkatan yang terbilang ekstrim yang belum pernah dilakukan sebelumnya,” tukas Jeremy yang sebelumnya juga sering melihat mobil teman-temannya yang juga mengadopsi konsep stance.

Untuk menuntaskan tekadnya tersebut, Jeremy yang gemar mendengarkan segala jenis aliran musik ini mempercayakannya pada bengkel yang berlokasi di Bekasi, diantaranya Akhiong, untuk membenahi sektor kaki-kaki Mirage agar benar-benar bergaya stance.

Saat pembenahan kaki-kaki inilah, banyak tantangan yang harus dihadapi Jeremy, mengingat fender Mirage yang tergolong kecil, menyebabkan harus dilakukan pemotongan di bagian as dan sasisnya. Agar kendaraannya bukan sekedar terlihat Stance saja, tetapi extreme stance.

“Aku benar-benar ingin menceperkan Mirage hingga benar-benar menyentuh tanah karena yang aku tahu belum pernah ada Mirage yang di modifikasi stance dengan tingkatan esktrim yang tinggi. Karena itu aku terpaksa melakukan chamber yang cukup extreme dengan ukuran 12 agar bisa lebih ceper lagi, yang sebelumnya sudah melakukan pemotongan as dan membuat dudukan baru,” jelas Jeremy yang sangat tidak menyangka konsep modifikasi stance pada Mirage berhasil menobatkannya sebagai Mirage Terceper di Dunia.

Walaupun sudah menjadi Mirage dengan Modifikasi terceper di dunia, ternyata belum memuaskan hasratnya. Masih ada sektor lainnya yang juga wajib di benahinya guna meningkatkan performa mesinnya. Diantaranya melakukan porting polish, melakukan pergantian header dan muffler.

Meskipun tak banyak perubahan pada sektor mesinnya, Jeremy juga cukup bangga, hanya dengan mengganti beberapa spare parts saja, tenaga mesin Mirage 1.200 cc standar yang sebelumnya bertenaga 72 hp kini melonjak hingga 121 hp. “Ke depannya aku lagi memikirkan spare parts apalagi yang akan aku ganti, biar tenaga mesin melonjak lebih besar lagi,” tambah Jeremy juga bekerja sebagai fotografer di Taste Management tersebut.

Spesifikasi Detail

Mobil

Mitsubishi Mirage Tahun 2013

Pemilik

Jeremy Tanusdjaja

Mesin

Porting polish, header Kansai, muffler 5Zigen

Eksterior

Cutting sticker full body dove

Interior

Jok MB Tech Superior Twotone Batik

Kaki-kaki

Velg XXR R15 Lebar depan 7 inchi dan belakang 8,5 inchi, shockbreaker Custom, per Custom, arm Custom, chamber -12

Audio

Head unit Pioneer, power amplifier Venom, subwoofer JBL 12”, LED Custom

Special Thanks To

All Crew Taste Management, Make’em Low Community, Indonesian Mirage Club (Imec), Akhiong, Pamoedjijay Style, Revan Sticker, Apollo Deluxe Car Leather Seat, DartRacing

LEAVE A REPLY