BAGIKAN
Modifikasi Mazda 3

Aplikasi dengan cara custom diklaim oleh sang modifikator membuat peforma Mazda3 lebih galak sehingga terkesan tenaga sudah powerful.

Bisa dibilang, Mazda3 tergolong jarang sekali populasinya. Kontur bodi yang kekar lagi sporti membuatnya terkesan beda dengan merek-merek lain yang sekelas. Apalagi jika sudah dimodifikasi, aura sporti dan eye catching seolah terkuak dari sosoknya.

Seperti halnya Roy Sutedja yang terkagum-kagum dengan Mazda3, sehingga tertantang untuk memberikan sentuhan modifikasi di segala sektor mobil asal Jepang itu. Karena itu begitu mobil dambaannya berada di genggamannya, pria yang masih duduk di bangku SMA itu langsung menuangkan ide-ide kreatifnya.

Menurut sang eksekutor, Mario dari rumah modifikasi Pro Mobile yang terletak di Surabaya, mulanya mobil ini hanya sekedar ganti pelek dan sedikit menyempurnakan sistem kaki-kakinya. “Namun karena jenis pelek yang telah dipilih saat dipasang gasruk dengan bibir fender, maka harus dilakukan wide body sepanjang 3cm. Dari situ proses modifikasi berawal hingga jadi begini,” jelasnya.

Mario juga menambahkan, “sedangkan untuk mencari barang OEM seperti body kit-nya buat mobil ini masih sulit. Saking sulit mencari barang terpaksa dirancang dengan mencomot fender milik Subaru GRB yang juga sama-sama hatchback. Untuk yang lainnya terpaksa harus dirancang dengan cara custom.”

Sesuai dengan konsep yang telah ditentukan semula Mazda3 ini akan berkiblat ke konsep racing style. Mau tidak mau dapur pacu menjadi sasaran empuk untuk digarap supaya tenaga mesin berkapasitas 2000cc 4 silinder DOHC itu bisa terdongkrak. Bikin sang modifikator putar otak dalam memilih piranti-piranti racing yang cocok dicangkok ke dapur pacu Mazda3.

Rumah keong rakitan GReddy dengan bukaan boost 0,6 bar dikolaborasikan dengan blow-oof dan intercoller HKS pun dipilih buat dicangkok pada mesin berkode MRZ itu. Sebagai otaknya sekaligus buat me-manage kinerja mesinnya dipasang GReddy E-Manage.

Aroma racing yang kental juga terpatri di kabin Mazda3 ini. Yang paling mencirikan gaya mobil racing dengan tenaga yang sangar adalah hadirnya sederet alat pantau sistem kinerja mesin. Lalu didukung pula dengan jok Recaro dan pengaplikasian pernak-pernik racing di kompartemen cockpit.

Tidak hanya itu perubahan yang terjadi dikabin, piranti hiburan sebagai sarana pemuas telinga juga tak luput dari proyek modifikasi. Tata letak yang apik dengan pengaplikasian produk yang bermerek serta setingan kualitas sound yang cermat turut mendongkrak isi kabin.

Proses renovasi Mazda3 yang dilakoni Mario pada tunggangannya Roy Sutedja usai sudah. Tapi masih ada yang kurang, polesan mesin yang sudah habis-habisan itu belum pernah dilakukan dyno test untuk mengukur sejauhmana tenaga dan torsi yang dihasilkan.
“Memang selama ini belum pernah dilakukan dyno test, tapi gue asumsikan performanya meningkat 40 daya kuda,” ujar Mario.

Teks: Yacob | Foto: Chris Pramudya

SPESIFIKASI

Mobil

Mazda3 2.0L AT 2007

Pemilik

Roy Sutedja

Mesin

engine cover carbon custom, piggy back Greddy E-Manage Ultimate, HKS circle earth (ground wire), oil catch thank GReddy, air filter Apexi, blow off HKS SQV, turbo GReddy 0,6 bar, piping custom, wastegate Turbosmart, hose silicon HKS, intercooler HKS

Eksterior

body-kit custom, fender depan Subaru GRB Hatchback, over fender belakang add on, grill custom, air funnel Billion, air-duct Billion 75mm, kap mesin carbon, wing custom carbon, spion carbon Mazda Speed, pilar A,B,C carbon Mazda Speed, towing JDM, muffler HKS Titanium Tip

Kaki-Kaki

coil over Tein Superstreet Adjustable Height & Damper, rem depan brake kit Brembo 6 pot 330mm, pelek depan Gram Light (8.5+9.5) R18, ban Toyo Proxes T1R (225/40+255/35) ZR18, lug nut Rays Engineering

Interior

jok Recaro SR 3 NT, pedal set Mazda Speed, hand brake Mazda Speed carbon, shift knob Razo carbon, panel Mazda Speed, turbo timer HKS 35th Anniversary, control unit HKS, boost controller EVC HKS 35th Anniversary, boost meter HKS, oil pressure HKS, water temp HKS

Audio

head unit Alpine CDA-7998R, power amplifier µ Dimension 100Wx2Ch, power amplifier µ Dimension 75Wx4Ch, kapasitorbank Mass Engineering, speaker depan Flux Engineering 6 inci, speaker belakang Cube Acoustic 5 inci, subwoofer Eclipse 12 inci

Special Thanks

Pro Mobile Surabaya, Pro Mobile Malang, Orchestra Surabaya

LEAVE A REPLY