BAGIKAN
Modifikasi Honda Brio

Modifikasiplus.com – Menunggangi mobil modifikasi Honda Brio 1.2L produksi tahun 2013, Uki tampil dalam kelas One Make Race (OMR) Brio 1200 dan juga Kejurnas ITCC (Indonesia Touring Car Championship) 1200 yang notabene harus menghadapi lawan-lawan tangguh yang sudah berpengalaman. Tentu saja, untuk mendapatkan hasil maksimal, bukan hanya mengutamakan skill dalam mengemudi, tetapi juga kondisi tunggangannya yang harus benar-benar prima.

Ini sudah dibuktikannya dalam ajang ISSOM (Indonesia Series Sentul Of Motorsport) Seri I dan II yang digelar di Sirkuit Sentul beberapa waktu lalu, wiraswasta muda ini mampu tampil baik dan berhasil naik podium juara setelah menyingkirkan pembalap-pembalap handal lainnya.

Karena itu, Uki yang memang berniat tampil di ajang OMR Brio tersebut, usah memboyong mobil produksi lokal tersebut ke dalam garasi rumahnya, langsung membenahinya dengan piranti-piranti yang disesuaikan dengan regulasi OMR. “Memang gak banyak perubahan mobil, apalagi sector mesin yang tidak diperkenankan memodifikasi secara total, hanya menambahkan piggy back dan mengganti air filter dan plat kopling saja,” papar Uki yang mengaku, perubahan mesin dikerjakan oleh Acil dari rumah modifiksi AM PM.

Sektor lainnya yang benarbenar harus dibenahi dan diperbolehkan adalah interior dan kaki-kaki. Urusan interior, Uki mempercayakan pengerjaannya kepada anak buahnya yang tergabung dalam Extra Joss Blend Team. Seperti mengganti jok, seatbelt, setir dan shift knob rancangan Sparco. Serta rollbar 6 titik yang tertanam mengelilingi sekujur interiornya.

Faktor lainnya yang juga turut dibenahi adalah sektor kaki-kaki yang juga dikerjakan bengkel miliknya. Seperti sistem pengereman dan juga coilover yang mengadopsi produksi Aragosta. “Proses modifikasi tidak terlalu lama, karena kelas yang saya ikutinya merupakan kelas standar sesuai dengan regulasi yang ditetapkan,” imbuh Uki yang juga melapisi sisi eksteriornya dengan cutting sticker Extra Joss, sesuai dengan usaha yang digelutinya saat ini.

Usai pembenahan mobil yang memakan waktu sekitar satu minggu tersebut, Uki semakin percaya diri dengan kemampuannya dan tentu saja dengan kondisi mobil yang telah dibenahinya. Uki juga mengakui, dalam mengasah kemampuannya mengemudi di lintasan balap, dirinya banyak belajar dari pembalap senior yang telah bertahun-tahun melintang di dunia balap yaitu Sunny TS.

Saat turun dalam ajang OMR, Seri I Uki berhasil tampil sebagai juara pertama, juara satu untuk OMR dan juga ITCC. Namun, mengalami kendala saat terjun dalam OMR Seri II pada system pengeremannya. Karena tunggangannya, benar-benar di push mulai start hingga finish, hingga menimbulkan masalah. Tetapi walaupun demikian dirinya sangat puas dengan hasil ini.

Sedangkan Kelas ITCC, Uki sempat mengalami mesin mati, hingga urutan start yang awalnya nomor dua, harus dimulai dari urutan buncit. Tetapi Uki tidak patah semangat, dengan skill yang dimiliknya ia berusaha menggeber tunggangannya habishabisan, dan hasilnya terbilang cukup baik menempati urutan kedua.

Dengan situasi seperti ini, traksi ban pada mobilnya menjadi cepat aus dibandingkan dengan mobil pembalap lainnya. Walaupun sempat beberapa kali gravel, tetapi pria yang juga hobi bermain futsal ini masih mampu menguasai mobilnya dan kembali ke track untuk mengejar pembalap di depan lainnya.

Walapun hasil Seri II tidak sebagus saat Seri I, tidak menjadikan Uki patah semangat, bahkan ini dijadikannya sebagai cambukan untuk tampil lebih baik lagi di seri-seri berikutnya.

Spesifikasi

Mobil

Honda Brio 1,2L Tahun 2014

Pemilik

Uki Ifwa

Mesin

Unichip Dastek + Modul IDrive, engine mounting Custom, air filer K&N, plat kopling ACT busi NGK Iriway 7, downpipe ODY, muffler Custom

Interior

Rollbar Seamless 6 titik, jok Sparco, seat belt Sparco, setir Sparco, shift knob Sparco, data logger Race Pack, karpet bordes Mugen

Kaki-kaki

Velg Volk Rays TE37 R15x7, ban GT Radial Champiro SX2 195/50, brake pad Endless, coilover Aragosta 1Way, brake line b raided JS Racing

Special Thanks To

Allah SWT, Ora Tua, Keluarga Extra Joss Blend Team, crew AM PM Bengkel, sponsor dan juga mentor mas Sunny TS

LEAVE A REPLY