BAGIKAN
Modifikasi Ferrari Maranello 550
Tampilan sporty memang tidak bisa terlepas dari dandanan sport car berlogo kuda jingkrak ini, namun ubahan menjadi alasan kuat untuk beda tampilan.

Karya fenomenal, yup….rasanya butuh keberanian besar untuk mengubah tampilan mobil sport Ferrari Maranello F550 asal Surabaya yang satu ini. bagi kebanyakan orang rasanya hal itu sangat sayang dilakukan, karena bagaimanapun mobil ini sangat kental dengan desain beraura sport tanpa harus meramu kembali tampilannya. Di sisi lain tenaga yang besar memang sudah merupakan konsep yang selalu dipakai oleh para teknisi Ferrari saat merancang seluruh mobilnya, termasuk Ferrari Maranello F550.

Secara teknis Ferrari Maranello yang terlahir ditahun 1996 sampai 2002 ini, terbilang beda jenis dari Ferrari lainnya. Buktinya, bila Ferrari Enzo dan Ferrari Spider memposisikan mesinnya dibelakang, lain halnya dengan Ferrari Maranello yang meletakan mesinnya didepan, seperti mobil pada umumnya walaupun sebagai penggeraknya masih tetap mengandalkan penggerak roda belakang.

Sosok Maranelo sendiri menggendong mesin besar bertransmisi manual dengan gearbox 6 speed yang terletak dibagian belakang, in line dengan roda belakang. Konfigurasi mesin V12 yang mempunyai kapasitas silinder sebesar 5744 cc. Mesin berkapasitas besar rupanya tidak menjadi target utama Julius untuk urusan modifikasi. Kalau bukan mesin berarti…?, betul saja rubah tampang ternyata jadi target utama pria ini dalam hal memodifikasi tunggangan kerennya.

“Mesin sih sudah ok, tapi melihat penampilannya harus lebih dirubah, biar jelas banget gaharnya,” kata Julius, ketika wawancara lewat Blackberry Messenger. Sehingga, wajar saja bila Julius membawa mobilnya kedalam parkiran rumah modifikasi ternama di kota Surabaya, yang biasa bermain sektor body kit, yaitu VAJ Auto Style yang dipunggawai Roy.
Boleh dibilang, sampai saat ini belum ada Ferrari yang modifikasi bodinya segila kepunyaan Julius. Sehingga, modifikasi yang dilakoni Roy tebilang susah-susah gampang “jelasnya bemper depan dan belakang berganti desain yang pengerjaannya sendiri menghabiskan waktu dua bulan untuk menyesuaikan ke bodi sedan sport tersebut,” kata Roy.

Tahap pertama, Maranello terkena pelebaran liang fender dengan jalan wide bodi “ngambilnya ga banyak, hanya 5 cm depan belakang,” tambah Roy. Pada setiap stage pembuatan bemper tidak dilakukan secara sembarangan, karena mesti memperhitungkan ketinggian bemper dengan aspal. Maka dari itu, bemper dibuat sedikit lebih turun 4 cm dari bemper standarnya.

Lalu agar kesan yang tidak ditimbulkan tidak terlampau bosan, desain dibuat lebih menarik. Lihat saja, sepasang air duct dan fiber canard dibagian bemper depan menjadi kebutuhan dalam menyesuaikan dimensi fender yang sudah melebar akibat wide body. Setelah itu, tudung (kap) mesin dibuat stylish dengan perubahan desain seperti anak tangga. “Ini berguna juga sebagai sirkulasi hawa panas yang dikeluarkan oleh mesin,” terang Julius.
Konsep mobil balap yang diinginkan Julius tak urung hingga modifikasi kesektor buritan. Bila awalnya maranello tidak menggunakan rear wing, oleh tim VAJ Maranello dibuat semakin menarik, namun tetap enteng lantaran terbuat dari bahan serat carbon. Sedikit turun kebawah, karena sebagai finishing, bagian bemper belakang dimensinya juga dibuat ceper berkat kehadiran bemper custom.

Roy juga masih menggunakan garis tajam dan harmonis dari keempat buah pilar dibagian bemper belakangnya. Walaupun demikian, keseluruhan desain serta material yang digunakan untuk merubah penampilan sang Maranello sangat berguna dan tidak menganggunya saat berakselerasi maupun dibawa saat menyalip.

Teks: Tri Gunarto |Foto Chris Pramudya

SPESIFIKASI

Mobil

Ferrari Maranello 550 1999

Pemilik

Julius

Eksterior

Wide body depan belakang, kap mesin custom, roof scoop custom, rear wing custom, ducktail custom, bodykit custom, lips spoiler Add on, spion Carbon, door panel carbon, body sticker F550 Racing Custom, muffler Kreisseg SUS GT Racing.

Kaki Kaki

Pelek Fabulous 9.5×20 inci, ban Continental Sport 245/30/20 inci, Coilover Adjustable KW Variant 3, lug nut Project MU 3D Colors, brake kit Brembo for Ferrari

Interior

Leather seat Red Connoly, carpet Ferari Custom, pedal set Pininfarina, doortrim Red Perforated Conoly

Audio

Speaker depan Audison 3 way, speaker tengah Audison Thesis 6.5 inci, subwoofer Audison Thesis 10 inci, TV Caska K325, capasitor bank Sound Stream (2 unit), flux (2 unit, headunit Denon, processor Audison, LED Lamp acrylic dan mirror, X-over Audison Tarantula.

Mesin

Air filter F575, header F575, fuel injector F575

Special Thanks

Orang Tua, VAJ Auto Style

LEAVE A REPLY