BAGIKAN
Modifikasi EVO VIII

Bagi Nick memiliki sebuah tunggangan yang membanggakan pastinya perlu pengorbanan yang sepadan. Seperti kocek ekstra diluar budget pembelian mobil harus rela dikeluarkan. “Gue dapat mobil ini memang dari Bandung, sampai sekarang memang indentitas nomor kendaraan masih menggunakan wilayah Bandung,” ujar Nick.

Sebagai pengalih indentitas walaupun masih menggunakan plat Bandung, warna bodi langsung diganti dengan warna kuning. Sekilas penggunaan warna kuning pada bodi adalah hasil pengecetan, tapi sebenarnya warna yang ada pada bodi menggunakan sticker wrapping. “Seluruh bodi memang menggunakan sticker tujuannya hanya untuk memudahkan kalo ingin gonta ganti warna bodi,” ujarnya lagi.

Menganut ubahan dengan konsep racing, jalan mempertahankan tampilan standar menjadi pilihan yang dilakukan pria asal Surabaya ini. Ubahan memang tidak terlihat mencolok karena pada dasarnya Mitsubishi telah mendesain keluarga Evolution dengan tampilan racing. Penggantian hanya dilakukan pada bumper depan yang dicomot dari Gialla Sportivo, sebagai pengganti bumper lawasnya.

Menapaki kebagian atas, desain bonnet ditempatkan sebagai air duct yang akan membantu mengurangi suhu ruang mesin. pada bagian belakang ditempatkan air duct Gialla Sportive, yang betujuan memaksimalkan sistem air flow saat mobil digeber pada kecepatan maksimum.
Melongok bagian mesin, kompartemen mesin rupanya terlihat sudah mendapat sentuhan ubahan. Pada sektor mesin ubahan memang tidak dilakukan secara besar-besaran oleh Nick, hal ini terlihat dari sistem pendorong tenaga pada turbo yang dibiarkan standar asli pabrikan. Tetapi perangkat kerja turbo pada mesin tidak dibiarkan sendiri, pengatur sistem tekanan udara yang dihasilkan turbo diatur secara langsung oleh blow off keluaran HKS.Walaupun tetap menggunakan turbo standar namun Nick tetap yakin tenaga besar akan diletupkan dari mesin 4G63 miliknya. “Sistem turbo pada mesin tidak saya lakukan ubahan, karena dengan sistem perangkat elektronik secara langsung bisa meningkatkan tenaga pada ruang mesin,” jelasnya, lanjut, “untuk itu perangkat elektronik yang mengatur seluruh sistem kerja mesin dipercayakan pada Greddy E-manage ultimate.”

Rupanya sistem pertahanan utama dalam peningkatan tenaga mesin diatur oleh perangkat elektronik, yang secara total bekerja bisa menggantikan Ecu tanpa harus melakukan setting ulang pada Ecu standar. Sehingga dengan menggunakan perangkat ini, sistem pembakaran pada mesin seluruhnya bisa diatur secara otomatis melalui perangkat elektronik mini ini.
kelebihan lain yang menjadi alasan Nick menggunakan E manage ultimate adalah sistem yang dimiliki produk keluaran Greddy ini bisa diaplikasikan pada semua mobil-mobil canggih yang mengandalkan sistem dengan fitur elektronik. Selain itu alat ini juga biasa diaplikasikan untuk mobil-mobil dengan tenaga besar.Untuk mendukung akselerasi kerja mesin tetap maksimal, hasil pembakaran pada ruang mesin disalurkan langsung pada muffler titanium spec R produk HKS. Sedangkan untuk sistem pendingin mesin agar tetap bekerja secara maksimal, pengaturan suhu pada ruang pacu distabilkan dengan penggunaan intercooler piping HKS.

Bagian kaki-kaki tentunya tidak luput dari ubahan, sebagai sarana tampilannya pelek menggunakan BBS LMP berwarna gold yang dibalut karet pabrikan Toyo Proxes. Tidak lupa juga dengan sistem peredam menggunakan shock Beilstein OEM milik Evo MR. Untuk penghenti laju kecepatan tunggangan, digunakan brake pade labelan Endless. Ruang interior sendiri tidak mengalami perubahan banyak, yang terlihat hanya penambahan perangkat informasi seperti infortouch dan turbo timer.
Teks: Mufrod | Foto Chris Pramudya

SPESIFIKASI

Mobil

Mitsubishi Evo VIII MR

Eksterior

Headlamp OEM Evo VIII MR, Stoplamp OEM Evo VIII MR, full bodi, wrapping yellow, front bemper Gialla Sportivo, air duct tail Gialla sportive, bonnet air duct custom, exhaust shield Varis, vortex generator Varis

Mesin

Air filter Gruppe M, blow off valve HKS SQV, Intercooler piping HKS, Muffler HKS spec-R titanium, titanium head shield ARC, Greddy E Manage ultimate, radiator cap Carbing, oil cap Carbing, racing clutch Ogura

Interior

Infotouch Greddy, turbo timer Greedy, shift knob Rally art, head unit Clarion DUB black edition

Kaki Kaki

Shock bilstein OEM revolution MR, strut bar Carbing, front lower bar Carbing, pelek BBS LMP gold 17 x 8 inch ET30, ban Toyo Proxes 235/45/17, lug nut Rays, brake pade Endless

Special Thanks

Ortu, Best Automart, Olimart Motorsport, Pro Mobile Surabaya

LEAVE A REPLY