BAGIKAN
Modifikasi Dodge Valiant Charger

Dari konsep sampai aplikasi dikerjakan sendiri.

Sedan lawas satu ini memang tampil bergaya muscle car dengan postur bodi kekar dan berotot. Apalagi si pemilik memberikan corak yang solid lagi konsisten baik di bagian eksterior maupun interior. Sehingga membuat Dodge Valiant Charger lansiran tahun 1973 ini terkesan lain dari yang lain, dan sedap dipandang mata.

Asal tahu saja, konsepnya diadopsi dari salah satu model die cast versi modifikasi. Beranjak dari situlah, Didiet yang berprofesi sebagai modifikator terhentak nalurinya untuk mendandani sedan Amerika yang diproduksi oleh pabrikan Dodge di Australia.

Meski konsepnya berasal dari sebuah mainan tapi proyek renovasi yang dikerjakannya sendiri. Penggarapan serius dengan perhitungan matang bisa dilihat dari tampilan yang ada. Namun amat disayangkan gubahan yang terjadi menitik beratkan pada bagian tampilan saja.

“Yup, memang rombakan yang terjadi lebih mementingkan gaya sebuah muscle car dengan sentuhan moderen minimalis bersifat customized. “Tentunya gue tidak meninggalkan karakter klasik yang sudah melekat dari sono-nya,” ujar sang juragan bengkel Auto Medic yang terletak di kawasan Ciputat.

Guna mendongkrak kesan muscle sekaligus mempertahankan gaya klasik di eksterior, dihadirkan batok lampu model bulat. Didiet juga merancang ulang bagian grill dengan model dua kisi yang besar seolah menyelimuti bagian moncong. Tak kalah menarik posisi head lamp retractable diposisikan didalam grill yang menganga lebar itu.

Interior, hampir setiap lini mendapat perubahan cukup berarti. Yang asli hanya bagian atas dasbor saja. Sedangkan kompartemen dirancang sedemikian simpel dan senada dengan warna eksterior. Tampilan dasbor bercorak custom berikut autometer turut menghadirkan kesan sporti pada kabin kemudi.

Shift-knob yang semula berada di tengah dipindahkan ke bagian roda kemudi yang mekanismenya diubah dengan sistem kawat sling. Sepasang jok elektrik diselimuti bahan semi kulit yang menjalar sampai ke bagian door-trim. Bangku bagian belakang digusur demi menata piranti audio.

Untuk dapur pacu tidak banyak memerima polesan. Sebagai pendongkrak performa mesin Didiet melakukan porting & polished. Kesan muscle car semakin terkuak lewat engine scoop yang bertengger di kap mesin. Kemudian sistem saluran buang disempurnakan dengan header dari bahan stainless. “Total pengerjaan lebih-kurang empat bulan,“ ujarnya.

Teks: Yacob | Foto: Chris Pramudya

SPESIFIKASI

Mobil

Dodge Valiant Charger 1973

Pemilik

Didiet

Eksterior

grill custom, spoiler custom, fog lamp custom, bumper belakang fit body, lampu depan Holden Primer, lampu belakang custom Suzuki Jimny

Kaki-Kaki

pelek (8.5+10) R20, ban Achiless (235/30+315/35) ZR20

Interior

full Murano, plafon suede, dasbor custom, autometer Auto Gauge, consol custom, shifter custom, pedal set+lighter Maltis Cross

Audio

head unit Pioneer DVH-P50505MP, monitor Pro Audio 7 inci, power amplifier Lanzar vibe, speaker Accoustic 6 inci, subwoofer Kicker Comp 12 inci

Mesin

porting & polished, Matic adapter Peugeot 505, engine scoop Mr Gasket, header 622 stainless

Special Thanks

Tuhan Y.M.E, orang tua, istri, Auto Medic, Doddy Chrome, all my friends

LEAVE A REPLY