BAGIKAN
Modifikasi Chevrolet 3100

Meskipun terlihat bongsor, namun tetap indah dipandang mata

Chevrolet 3100 rakitan tahun 1948, memang identik dengan sebutan Chevrolet Lele, karena model dan bentuknya menyerupai ikan lele. Namun bagi para pecinta mobil klasik, ini merupakan satu tantangan bagaimana mendeskripsikan mobil lele ini menjadi sebuah tunggangan yang ciamik dilihat. Ermin pemilik Chevrolet ini, berpikir keras mencari ide yang tepat untuk memodifikasi salah satu mobil klasik yang dimilikinya.

Pengalamannya yang sudah melanglang buana dalam dunia Hot Rod di Indonesia, membuatnya tidak kesulitan untuk menentukan konsep yang akan diadopsinya. Terlebih lagi moncong di bagian depan, terlihat sangat besar, membuat Ermin harus melakukan gubahan dengan konsep COE (Cabin Over Engine).

Awal proses pembuatannya, melakukan pemotongan panjang kabin bagian depan sebanyak 40 cm, yang kemudian kabin mesin dinaikan sebanyak 40cm, menyebabkan mesin tersimpan di bawah jok yang sebelumnya tersimpan di balik bonet bagian depan.

Setelah pemotongan. dilakukan perakitan bodi kit custom dari bahan plat menyesuaikan ukuran aslinya. namun bentuknya masih belum sesuai dengan aerodinamis yang diinginkan. “Proses pembuatan bodi kit ini, harus dilakuan berulang kali hingga empat kali, untuk mendapatkan aerodinamis yang tepat,” papar Ermin.

Lain halnya dengan sektor kabin belakang, bila moncong depan dilakukan pemotongan, kabin belakang mobil jenis pick up ini justru melakukan penambahan panjang hingga 25 cm. Tujuannya tak lain agar dapat menampung sepeda motor dan muatan barang lebih banyak. Setelah itu, sektor eksterior dibasuh dengan cat berwarna dasar hitam, kemudian disiram magic white, menjadikan warna hitam yang bersinar. Tak lupa disematkan lampu custom di sektor bumper depan, semakin menambah keindahan Chevy COE tersebut. Sedangkan sisi interior, Ermin menselaraskan keindahan interiornya dengan me custom seluruh panelnya sesuai dengan karakteristik mobil klasik.

Untuk mesin yang tersimpan dibalik bonet, Ermin membenamkan mesin Chevy 350 berkapasitas 5.700 cc bersama dengan piranti dan jeroan custom. Sistem transmisi standar yang masih bersifat manual, diganti dengan transmisi otomatis 4 percepatan. Serta memindahkan setir kemudi yang awalnya berada di jalur kiri, dipindahkan ke jalur kanan, sesuai dengan kondisi di Indonesia.

Sektor audio juga tak luput mendapat gubahan untuk menemani pengendara saat berkendara di jalan raya yang sarat dengan kemacetan.

Teks: Irianto |Foto: CIS

SPESIFIKASI

Mobil

Chevrolet 3100 Tahun 1948

Pemilik

Bp Ermin

Mesin

Chevy 350, Lokar shifter transmission

Eksterior

Cat hitam Dupont

Interior

Jok kulit MB Tech, speedometer Stewart Warner

Kaki kaki

pelek OG Wire 20” lebar 8, ban Achilles 225/55/20

Audio

head unit Kenwood, 2 speaker Rockford Fosgate

Special thanks

Hot Rod Indonesia

 

 

LEAVE A REPLY