BAGIKAN
Modifikasi BMW 320i

Modifikasiplus.com – BMW F30 merupakan sedan kompak generasi ke-6 dari jajaran sedan BMW seri-3 mobil ini pertama kali diperkenalkan pada public Indonesia pada tahun 2012 dan di posisikan untuk menggantikan peredaran BMW E90 yang sebelumnya sudah berkiprah selama 6 tahun. Selain gagah, tampang sporty sangat terlihat dari BMW seri-3 ini, perubahan ekterior dilakukan secara total oleh pabrikan untuk mendapatkan satu kata yaitu SEMPURNA.

Proses awal modifikasi mobil ini bermula dari sisi velg dengan Ring 20 model M6 BMW danmemakai ban depan menggunakan accelera ukuran 275/30, sedangkan untuk ban belakang ukuran 245/35, setelah sang pemilik mengganti velg, ia juga mengganti shock standar dengan merek STI agar dudukan mobil lebih ceper sebanyak 3cm dibanding shock bawaan mobilnya sehingga enak dipandang, karena sebelumnya setelah ganti velg, body belakang mobil agak naik ketas.

Setelah proses kaki-kaki selesai, Steven beralih untuk menyentuh bagian mesin, untuk mesin Steven hanya menambahkan race chip ultimate sehingga HP nya dari standar 180hp bisa mencapai 240hp. Kemudian pemuda yang hoby ngegym ini menambahkan response control untuk mengatur pedal gas nya, Jika ia ingin akselerasi yang konstan maka hanya mengatur kewarna merah dan jika ingin santai sang pemilik bisa mengatur kewarna hijau atau kuning.

Kemudian setelah sedikit sentuhan pada bagian mesin sang pemilik BMW putih ini beralih kebagian eksterior dengan mengganti body kit standarnya dengan bodykit model BMW M3 dan untuk knalpot ia hanya memakai valve tronic free flow remote exhaust, tujuan ia memakai ini karena ia bisa mengganti suara racing maupun suara standar bawaan mesinnya hanya menggunakan remote. “Jika saya ingin ngebut maka saya aktifkan suara racing, jika saya ingin santai atau sedang bersama keluarga maka saya matikan free flow nya” ucap Steven.

Masih pada bagian eksterior, untuk muffler ia hanya mengganti dengan muffler custom agar sesuai dengan bodykit M3. Setelah bagian eksterior menurutnya sudah terlihat gagah ia lanjut pada bagian interior karena menurutnya bawaan dari mobilnya sudah cukup bagus dan elegan sehingga saya hanya menempel sticker dibagian dashboard dan dibagian I drive nya dengan sticker carbon agar terlihat seperti interior M3. Untuk bagian entertain Steven tidak merubahnya karena “jika saya menambahkan audio maka garansi mesin saya akan expired sehingga saya memutuskan tidak menambahkan apapun di bagian audio dan setelah semua selesai sang pemilik mobil mengcoating menggunakan produk CS 2 sehingga warna mobil saya tetap terjaga.

Pada saat ia memodifikasi mobilnya ada 2 kendala,“pertama kendala di velg. Saya awalnya kesulitan mencari velg karena offset di F30 antara ban depan sama bagian belakang beda, ban depan offset nya 35 sedangkan ban belakang offset nya 45 sehingga saya harus mencari velg yang mendekati offset nya. Kemudian kendala kedua adalah proses pembuatan bodykit model M3 nya, karena saya menggunakan fiber sehingga molding dan cetakannya harus benar-benar sesuai dengan aslinya dan setting ke body bawaan aslinya. Proses ini yang cukup memakan waktu” tambah Steven.

Mobil ini memang terlihat standar karena konsep mobil ini adalah Elegant dengan kesan sporty yang masi terlihat. “Bagi saya modif mobil saya ini masih sangat standar. Akan tetapi jika saya  harus menjawab maka dari sisi mesinnya yang sangat menonjol, karena hanya dengan race chip ultimate ini maka power mobil saya bisa setara dengan tipe 328i.

Hal kedua yang menonjol adalah bodykit model M3 nya, “Kenapa saya pilih BMW dibanding mercy ataupun audi karena menurut pendapat saya BMW terutama F30 yang saya pakai sekarang handling dan akselerasinya lebih nyaman dibanding merek lain yang sejenis dengan F30.” Tutup Steven

Spesifikasi Detail

Mobil

BMW seri 320i Sport

Pemilik

Steven Haslim

Mesin

2000 cc twin turbo charger, racechip ultimate untuk naik 220hp

Interior

Standar sesuai bawaan mobil

 

Eksterior

Body kit tipe M3, kenalpot custom sesuai dengan disfuser M3

Kaki-kaki

Shockbecker STI, velg tipe M6 ring 20

Special thx to

F1 bodywork utk bodykit M3 nya. Elika performance untuk setting racechipnya agar si doi jadi kenceng. Autostar tyres untuk velg dan kaki-kaki nya.

LEAVE A REPLY