BAGIKAN

Tahukah anda, seorang pengendara yang mengalami kelelahan memiliki resiko mengalami kecelakaan 20 kali lipat lebih besar daripada seseorang pengendara yang bugar?  Dan waktu yang paling berbahaya bagi seorang pengendara yang kelelahan adalah sekitar tengah malam sampai dengan jam 6 pagi ?

Fatigue atau kelelahan dapat mengakibatkan hilangnya kewaspadaan, serta mengantuk dan tertidur pada saat sedang mengendarai kendaraan. Akibat lainnya lagi adalah hilangnya penilaian, pengambilan keputusan yang lamban dan turunnya kemampuan berkendara. Menurut Rifat Sungkar, ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan hal tersebut, dan cara sederhana untuk menghindarinya adalah tidur yang cukup dan menjaga asupan makanan.

Penyebab kelelahan dapat disebabkan oleh 3 (tiga) faktor yaitu faktor tidur, apakah ada gangguan atau kurang tidur, akumulasi dari tidur yang kurang, dan juga kurangnya waktu tidur dalam waktu yang panjang atau lebih dari 17 jam. Berikutnya adalah faktor kerja, apakah kita bekerja dengan waktu yang lama sehingga tidak ada waktu pengganti untuk beristirahat dari pekerjaan. Yang terakhir adalah faktor kesehatan, apakah kita kurang sehat ketika berkendara atau sedang mengkonsumsi obat – obatan dari dokter.

Untuk itu  setiap pengendara  perlu waspada untuk mengenali kapan gejala kelelahan  mula melanda, berikut ini adalah beberapa tanda orang kelelahan:

  • Hilangnya kewaspadaan, keadaan dimana kita tidak dapat merespon atau bergerak dengan cepat ketika dalam keadaan darurat atau melakukan tindakan keamanan seperti saat kondisi normal.
  • Mengantuk, perasaan mengantuk dan mungkin agak melayang dan tertidur ketika mengemudi terkadang tidak diketahui. Yakinlah bahwa kondisi seperti ini banyak sekali menyebabkan kendaraan keluar dari lintasan dan berakibat kecelakaan.
  • Tertidur ketika berkendara, beberapa kejadian buruk mengenai kecelakaan tunggal penyebabnya adalah pengendara tertidur ketika sedang berkendara.Dimana situasi seperti ini si pengendara tidak dapat mengontrol atau mengambil keputusan dengan tepat sebelum terjadi tabrakan.

Pikiran kelelahan yang mungkin dipengaruhi oleh banyaknya masalah dalam pekerjaan, rumah tangga dan lain – lain, situasi ini sangat mempengaruhi ketika anda mengadapi suatu masalah disaat berkendara.

Kunci untuk mengatasi kelelahan hanya ada satu cara yaitu “Tidur yang cukup dan istirahat!”. Tujuh setengah jam merupakan waktu yang harus anda gunakan untuk tidur dan istirahat. Jika anda kurang tidur, anda harus lebih meningkatkan kewaspadaan dan lebih berhati-hati. Selain itu asupan makanan yang cukup dan tidak berlebihan juga bisa membantu anda mengatasi kelelahan.

Menurut Rifat yang sudah mendirikan Rifat Drive Labs dalam rangka melakukan pelatihan  membantu meningkatkan  keselamatan berkendara di jalan raya, satu hal lagi yang perlu diingat sebelum anda berpergian, jangan lupa periksa kembali kelengkapan surat-surat kendaraan dan SIM yang juga harus dibawa serta.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai update-update informasi keselamatan berkendara dari Rifat Drive Labs (RDL), dapat mengunjungi website www.rdl.co.id atau Facebook resmi RDL di https://www.facebook.com/RIFATDRIVELABS

LEAVE A REPLY