BAGIKAN

Dalam peresmian pabrik PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) Plant Cikarang di Kawasan Industri Kota Deltamas, Cikarang Bekasi, akhir Mei lalu, Menteri Perdagangan RI menegaskan, pemerintah akan terus berkomitmen untuk mendorong swasta nasional melalui penciptaan iklim dan investasi yang kondusif bagi tumbuh kembangnya perekonomian nasional.

“Industri otomotif Indonesia memiliki potensi yang besar dikembangkan menjadi salah satu penyokong kekuatan Indonesia di kancah ekonomi global dan Indonesia bia juga dijadikan sebagai basis produksi otomotif dunia,” tegas Rahmat.

Selama periode 2010-2014 ekspor Indonesia untuk bagiannya mengalami tren pertumbuhan yang sangat baik, mencapai 26,92%. Pada tahun 2010 lalu, ekspor mobil hanya sebesar USD 1,1 miliar dan pada tahun 2014 naik menjadi 2,9 USD dengan negara tujuan ekspor antara lain Arab Saudi, Filipina, Uni Emirat Arab, Thailand dan Jepang.

“PT SIM sebagai salah satu pemain utama otomotif di bidang kendaraan bermotor diharapkan dapat terus meningkatkan perannya memajukan industry otomotif untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dalam memenuhi permintaan pasar ekspor,” imbuh Rahmat.

Pembukaan pabrik SIM ini juga dihadiri Duta Besar Jepang Untuk Indonesia, Y. Tanisaki, Chairman Suzuki Motor Corporation Osamu Suzuki, Presiden Direktur SIM Suji Oshi, Komisaris PT SIM Subronto Laras, Bupati Bekasi dan Dirjen Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementrian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan. (IBD)

LEAVE A REPLY