BAGIKAN

Modifikasiplus.com, Jakarta – Perubahan fitur yang tersemat pada All-New pada Pajero Sport terbaru memang tidak tanggung-tanggung. Spesifikasi untuk mobil keluaran Indonesianya menunjukkan bahwa SUV ini memang layak dimiliki konsumen Indonesia.

Pada sektor tampilan luar, konsumen dapat dipikat dengan wajah “Dynamic Shield”, serba lancip di depan, di sudut bumper, hingga di kaca belakang. Kedua, ada LED Headlamp dengan Daytime Running Light & Auto Levelling khusus pada tipe Dakar, yang di Indonesia ditawarkan dengan dua versi gerak, 4×2 dan 4×4, atau lampu depan halogen with projector (Exceed & GLS).

Selain itu, Mistubishi menyematkan pembersih lampu depan atau headlamp washer sebagai hal baru ketiga untuk menjaga kualitas pencahayaan headlamp (khusus tipe Dakar). Sementara itu, keempat, foglamp lebih bergaya, spion melipat otomatis untuk hal baru kelima, dan paket lampu belakang yang unik cenderung futuristik untuk hal baru keenam.

Beranjak ke kaki-kaki, sebagai hal baru ketujuh, rodanya dipasangi pelek baru 18 inci Two Tone (untuk tipe Dakar), dan 16 inci (untuk Exceed-GLX). Kedelapan, masih di kaki-kaki, remnya depan dan belakang kini menggunakan cakram (untuk tipe Dakar). Kesembilan, postur Pajero menciptakan ground clearance 218 mm dan bisa mengarungi genangan air hingga kedalaman maksimal 700 mm

Masuk ke kabin, sederet pembaruan ini pula yang membuat harganya meningkat. Hal baru kesepuluh di mobil ini adalah desain baru dasbor dengan “High Console & T-Shapes”, lalu hal kesebelas ada setir empat palang yang pada varian tertentu komplet dipasangi audio steering switch, multi-around view monitor control, dan MID mode selector.

Di luar keberadaan sunroof untuk tipe Dakar, di urutan kedua belas adalah setir yang bisa ditekuk dan ditarik ulur demi kenyamanan mengemudi. Ketiga belas, ada perangkat hiburan di jalan dengan layar hingga 7 inci (Dakar). Keempat belas, komposisi dalam kabin kini lebih panjang menjadi 2,58 meter.

Kelima belas, dual zone automatic air conditioner memberikan kenyamanan dan kebebasan mengatur temperatur udara pada posisi kanan dan kiri bagian depan (Dakar). Keenam belas, kursi tipe seat bucket dan soft pad dengan material yang lebih empuk dan bentuk yang lebih “mencengkram” tubuh ketika berkendara.

Ketujuh belas, meter cluster termasuk area spidometer dengan high contrast multi-indormation display (MID) sehingga tampilan lebih detail, dan kekontrasan cahaya maksimal (Dakar). Kedelapan belas, kursi tempat pengendara bisa diatur dengan sistem kontrol elektrik dan 8 arah penyetelan (Dakar).

Kesembilan belas, ada grip pegangan untuk memudahkan akses keluar masuk kendaraan di baris ke-1 dan ke-2. Kedua puluh, Mitsubishi menjanjikan pengembangan pada kekedapan kabin dan perbaikan di body mounting untuk lebih mengurangi tingkat kebisingan di dalam kabin dibanding model sebelumnya.

Kedua puluh satu, pengembangan juga berlaku untuk sektor suspensi dengan meningkatkan stabilitas ketika berbelok dan memberikan kenyamanan saat melewati medan yang berat.

Mesin baru menjadi hal baru di antara dua puluh dua poin baru pada Pajero terbaru ini. Mesin diesel baru tersebut adalah 4N15 2.400 cc MIVEC Turbocharged and Intercooled yang menghasilkan tenaga besar, 181 PS pada putaran mesin 3.500 rpm.

Kedua puluh tiga, transmisi matiknya kini sampai 8-percepatan, dan menjadi yang pertama di kelasnya. Hal ini membuat konsumsi bahan bakar lebih efisien dengan lebih pol di tiap gigi.

Kedua puluh empat, ada fitur Super Select 4WD II untuk melewati berbagai medan, antara lain model Gravel (berkerikil), Mud/Snow (berlumpur/bersalju), Sand (berpasir), dan Rock (bebatuan).

Di luar itu, untuk urusan kestabilan sendiri, Mitsubishi memasangkan empat fitur baru. Ada ASC (Active Stability Control) yang menjaga kestabilan dan keseimbangan kendaraan saat bermanuver. Ada ATC (Active Traction Control) yang mencegah slip roda saat akselerasi atau saat roda kehilangan traksi.

Ada pula HSA (Hill Start Assist) yang berfungsi menahan kendaraan beberapa saat (2-3 detik) ketika melepas pedal rem di tanjakan, serta ada TSA (Trailer Stability Assist) pengemudi tetap stabil berkendara meskipun menarik beban yang berat sehingga untuk fitur-fitur ini menambah total dua puluh delapan hal baru Pajero Sport.

Menyoal keamanan, selain memang dipasangi dua airbag di depan, Pajero punya lima fitur lain, yakni ABS (Anti-Lock Breaking System) yang mencegah penguncian rem sehingga kendaraan masih bisa dikendalikan ketika pengereman mendadak.

Kemudian fitur lainnya yaitu EBD (Electronic Brake-force Distribution) yang merupakan pengontrol otomatis pendistribusian daya pengereman ke roda-roda sesuai beban kendaraan. Ada pula BA (Brake Assist) untuk proses usaha pengereman lebih kecil (Dakar), RISE Body dengan material yang lebih tangguh (High-Tensile Material), improvisasi water screen (semburan air tidak mengarah ke kaca depan dan visibilitas pengemudi tetap maksimal saat melewati genangan). Urusan keselamatan ini membuat total sudah tiga puluh tiga hal baru dijumpai Pajero.

Jika dihitung secara total, terdapat tiga puluh enam fitur baru dengan adanya Multi Around View Monitor (Dakar 4×4), Electric Parking Brake (Dakar) berupa rem parkir tombol, dan Keyless Operating System (KOS) dengan One Start Stop (OSS) button (Dakar).

 

LEAVE A REPLY