BAGIKAN
Komunitas E30 Register Surabaya

Modifikasiplus.com – Jika ditanya sedan Eropa apa yang terpopuler di akhir 80’an atau awal 90’an. Cluenya adalah tunggangan yang menjadi magnet para kawula muda Indonesia saat itu. Tentu salah satunya BMW seri 3 yang lebih dikenal dengan sebutan E30 menjadi jawabannya. Sedan dengan desain kotak itu me­mang menjadi primadona para muda-mudi yang menginginkan sebuah tunggangan yang stylish dan fashionable. Penggemar sedan asal negeri Jerman ini memang tetap hidup walaupun sudah termakan usia hampir 25 tahun ini. Fisiknya yang kompak dan juga kenyamanan otentik khas Bavaria membuat komunitas banyak bertebaran di Nusantara. Dan jauh dari hiruk pikuknya Ibu Kota, kota kedua terbesar di Indonesia, Surabaya, minoritas masyarakatnya meru­pakan anthusias sedan lawas ini. Komunitas E30 Register Surabaya merupakan komunitas para pecinta tunggan­gan si ‘Boy’ yang terbentuk atas didasari oleh timeless dari E30 itu sendiri. “Mobil ini tidak termakan oleh jaman, walaupun sudah 25 tahun usianya namun dari model dan kenyamanannya tidak kalah dengan mobil-mobil yang usianya jauh lebih muda,” imbuh Ibunu dan Peng anggota E30 Register chapter Surabaya ini.

Perlu diketahui, ihwal terben­tuknya E30 Register chapter Surabaya ini tanpa disengaja. Hanya pemilik E30 perseorangan yang turut menghadiri Bimmer Fest di kota Yogyakarta 2013 lalu. “Datang ke acara BimmerFest setahun lalu 7 mobil datang dari Surabaya, dan pada awal bulan oktober kita sepakat untuk gabung dengan E30 Register chapter Surabaya. 7 mobil itu ter­diri dari Ibnu, Peng, Satria, Nanda, Dimas, Jimo dan David dan seka­rang sudah terkumpul lebih dari 25 orang anggota yang tersebar di sekitar kota Surabaya,” ucap salah satu anggota E30 Register.

Walaupun mobil yang diusung lawas, ternyata usia tidak menjadi patokan untuk E30 Register. Buk­tinya, kebanyakan dari para pung­gawanya masih berstatus pelajar dan mahasiswa. Pekerja swasta dan pengusaha juga ada yang menjadikan E30 Register sebagai ajang kumpul-kumpul dan tempat bertukar fikiran dalam urusan tunggangannya masing-masing. Lebih dari itu, pembicaraan men­genai modifikasi juga menjadi ulasan bagi mereka. Bahkan salah satu dari mereka mampu untuk masuk ke majalah tercinta dengan ubahan yang lebih segmented dengan Dynamic Performance di seluruh bagiannya. Yang punya E30 Dynamic Performance David namanya, namun bukan hanya dia yang bermain modifikasi. Hampir seluruh anggota E30 Register juga men-dress up-kan tunggangan­nya. Subtitusi velg, potong per ataupun ubah fender tidak haram bagi mereka. Bahkan di akhir sesi foto dan wawancara dengan mer­eka, aksi drift juga diperagakan oleh beberapa jagoan dari E30 Register cabang Surabaya ini.

Bengkel-bengkel rujukan yang bisa dipilih juga dibeber­kan oleh anggota tunggangan yang berkode mesin M40 ini. Setidaknya terdapat tiga bengkel rujukan untuk mengoptimalkan kinerja mesin maupun untuk arah modifikasi. “Untuk mesin saya biasanya ke SP Garage yang memang lebih ke tuning mesin,” bilang David yang memperlihat­kan tampilan mesin yang bersih dan resik. “Kalo untuk kaki-kaki yang murah se-Indonesia bisa pilih PJS (Panjang Jiwo Spring) Mas, jika lagi beruntung bisa da­petin coilover balap dengan harga 2 jutaan,” bilang E30 Register kompak. Ternyata komunitas ini tidak hanya melulu ngobrolin hal otomotif saja. Kekompak­kan mereka meruntut hingga kegiatan sosial yang merupakan agenda resmi yang menjadi rutinitas E30 Register Surabaya selain itu turing bareng juga menjadi kegiatan yang men­gasikkan bagi mereka. Biar tung­gangan tua, Jiwa tetap muda! sepakat pastinya.

LEAVE A REPLY