BAGIKAN
Hadirnya Honda Mobilio

Setelah melakukan riset dan penelitian terhadap konsumen di Indonesia, kondisi jalan, serta penggunaan mobil yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia, untuk pertana kalinya di dunia, Honda model LMPV pertama di Indonesia, sekaligus model pertama yang diciptakan, menampilkan Honda Mobilio Prototype di gelaran Indonesian International Motor Show (IIMS) 2013, di Jakarta, kemarin.

President, Chief Executive Officer and Representative Director Honda Motor Co., Ltd., Takanobu Ito secara langsung memperkenalkan Honda Mobilio pada acara pembukaan booth Honda di IIMS 2013. Dalam sambutannya, Takanobu Ito mengatakan, Honda Mobilio dirancang secara khusus sesuai dengan kebutuhan unik dari sebagian besar konsumen di Indonesia.

“Dimensi yang dirancang sangat teliti, ditambah desain yang dinamis, tenaga mesin terbesar di kelasnya, serta efisiensi bahan bakar yang tinggi menghasilkan paket yang sangat kompetitif bagi Honda Mobilio,” urai Ito.

Sementara itu, Tomoki Uchida, President Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, Honda Mobilio akan menjadi produk istimewa bagi Honda di Indonesia karena secara khusus dirancang sesuai dengan kebutuhan konsumen dan karakter jalan di Indonesia. “Honda Mobilio juga akan diproduksi di Indonesia, dan menjadi produk pertama dari pabrik baru Honda di Karawang yang kami rencanakan untuk mulai beroperasi pada awal 2014,” jelas Tomoki yang mengakui saat ini, pasar otomotif di Indonesia didominasi oleh pasar mobil LMPV yang mendominasi persentase paling besar.

Desain Eksterior
Honda Mobilio Prototype mempunyai konsep desain eksterior; ‘Dual Solid Motion’ yang menggabungkan dua bentuk yang kuat dan mengekspresikan kekuatan yang dinamis. Bentuk dari bumper, front grille, pintu, lampu depan, pilar belakang, fender belakang, tail gate spoiler yang menjadikan memberikan kesan energik sekaligus dinamis. Setiap lekuk desain yang ada menghadirkan desain premium terhadap sebuah mobil penumpang yang sporty.

Tampilan Depan
Honda Mobilio tampil dengan bentuk bumper depan yang premium dan sporty menekankan kekuatannya. Bagian sisinya pun tampil sporty dengan lampu depan dan front grille yang menyatu dalam satu garis.

Tampilan Belakang
Tampilan belakang Honda Mobilio yang kuat dan gagah namun mewah terlihat dari desain bumper belakang, fender belakang yang lebar, rear combination lamp, tailgate spoiler yang stylish dan sporty.

Desain Interior
Desain interior Honda Mobilio mempunyai konsep Prime Comfort dimana interiornya mempunyai kesan yang berkelas serta kabin yang nyaman. Honda Mobilio juga masih mempertahankan konsep ‘Man Maximum, Machine Minimum’, dimana kualitas menjadi elemen penting dalam desain interior mobil Honda yang mengedepankan kenyamanan untuk semua penumpang. Kapasitas kabinnya pun sangat besar yang memungkinkan penumpang dapat membawa barang bawaan banyak.

Ruang Kabin
Di setiap ruang kabin Honda Mobilio mempunyai kesan yang ergonomis dengan legroom yang lega. Tak hanya itu jarak antara kepala dengan roof lining pun tetap nyaman sehingga penumpang di setiap baris tetap merasakan kenyamanan yang sama. Ruang kabin Honda Mobilio Prototype menghadirkan two tone color (beige dan hitam).

Dimensi Bodi
Honda Mobilio Prototype mempunyai dimensi bodi; panjang 4.390 mm, lebar 1.680 mm, tinggi 1.610 mm, dan wheel base 2.650 mm. Ground clearance setinggi 185 mm yang menjadikannya nyaman dikendarai di berbagai kondisi jalan namun tetap stabil. Sementara radius putar yang mampu dihasilkan adalah 5.2 meter.

Mesin
Honda Mobilio Prototype menggunakan mesin Honda i-VTEC SOHC 1.5 liter, 16 valve, 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 118 PS pada putaran mesin 6.600. Sementara torsi yang mampu dihasilkan adalah sebesar 14,4 Nm pada putaran mesin 4.800.

Transmisi
Honda Mobilio Protoype mempunyai dua pilihan transmisi, yaitu; transmisi manual 5 percepatan, dan transmisi otomatis CVT.

Fitur Keselamatan & Keamanan
Sementara itu untuk fitur keselamatannya, Honda Mobilio mempunyai fitur-fitur terdepan di kelasnya seperti; konstruksi rangka bodi G-CON (G-Force Control Technology) dan struktur bodi ACETM, sistem pengereman ABS + EBD (untuk tipe transmisi CVT), Dual Front SRS Airbags, Pretensioner Seatbelt with Load Limiter, Impact Mitigating Headrest, serta Pedestrian Protection.

Rencananya, Honda Mobilio yang ditargetkan penjualannya sebanyak 80 ribu unit di tahun 2014 mendatang dan dijual dengan harga kisaran Rp 150 juta – Rp 180 juta. (Irianto)

LEAVE A REPLY