BAGIKAN
JUST SLOW AND LOW

Modifikasiplus.com – Kendaraan yang digunakannya merupakan jati diri Raihan yang memang menyukai skema ubahan Stance pada E46 lansiran 1999 miliknya, yg JUST SLOW AND LOW. Ia berujar jika aliran ini memang diajarkan oleh sang Kakak, Arman Umar yang juga penghobi modifikasi dengan aliran yang sama. Jadilah Raihan seperti ini. mobilnya rebah akrab dengan aspal dan berpenampilan necis dengan sepatu HRE originalnya. “Ini Velg dikasih Kakak waktu saya ulang tahun ke 17 kemarin, wah seneng banget apalagi HRE yang diberikan asli dan bukan Taiwan,” ungkap cowok berparas baby face ini.

“Saya enggak suka ngebut, slow saja. Yang penting mobil nyaman dan bisa jalan dan enggak perlu diubah mesin yang penting penampilannya bagus,” bilangnya. Ya, sampai di halaman parkir Bintaro Exchange saya baru dapat melihat setiap detail ubahannya. Facial E46 berubah total, penampilannya lebih mengkarakterkan sebagai sebuah sedan berperforma tinggi. Itu dilihat dari bumper depannya yang mengadopsi tipe M3. Tipe dimana BMW menciptakan sebuah tunggangan street legal dengan kekuatan yang mumpuni. Sedangkan grille two nose icon BMW 325i di hitamkan agar lebih kelihatan misterius. “E46 sayarombak dengan versi facelift nya seri 325i tahun 2002. Untuk melakukan facelift bagian yang harus dirubah mulai dari head lamp, grille, kap mesin, fender yang lebih lebar dan stop lamp belakang,” jelas cowok jomblo ini.

Ya, jika diperhatikan secara skema, facelift yang dilakoni Raihan tidaklah sulit. Namun Ia berujar jika terdapat penyesuaian dan tidak bisa langsung pasang walaupun platform dan serinya sama. Dan benar saja perbedaan krusial terjadi diantaranya pada bagian kelistrikan. “Dudukan lampu terdapat perbedaan sedikit di dudukannya dan soket lampunya juga sedikit berbeda, untuk ngakalinya sedikit di custom yang penting bisa berfungsi dulu ajah,” ungkapnya.

Untuk sisanya, bagian panel bodi cendrung sama, hanya bagian fender depan yang lebih melar sedikit dari standar 318i. Dan untuk body kit M3, Raihan mendapatkan di bengkel Seven Star Bodywork yang dinahkodai oleh Noval. Ia mengatakan kepada Raihan ada sebuah paket body kit M3 untuk tunggangannya dengan harga yang cukup menghemat kantong putih dan abu-abunya.

“Gabungan antara M3 dan 325i jadi terlihat lebih sporty dan suka dengan bagian depan yang lebih berkarakter,” nilai Raihan. Ya E46 Raihan seperti habis dari salon kecantikan, di dandani jadi lebih tampan. Coba cermati bumper depannya, lubang pendingin mesin begitu besarnya, serta terdapat pembelah angin di bagian bawah bumper layaknya diffuser untuk tingkat aerodinamis yang baik serta penunjang penampilan. Apalagi jika ditambah ducktail atau ekor itik di pinggir pintu bagasi, pasti bokong 318i ini begitu sporty mengikuti bumper apron.

Masuk ke dalam kabin sedan compact asal Bavarian ini, Raihan enggak terlalu banyak menyentuhnya. Pasalnya kenyamanan khas Eropa begitu membuatnya enggan untuk merombaknya, ya setidaknya hanya ada penambahan tweeter Morel dan sub Rockford Fosgate 12 inci di ruang bagasi untuk mendengar lagu – lagu kegemaran cowok berpostur mungil ini. Lantunan acoustic cukup terdengar syahdu, speaker standar E46 masih cukup bagus terdengar di telinga. dan nada tinggi sepenuhnya diakomodir oleh Morel Tweeter yang derajatnya diatur hingga mampu terdengar di telinga. Suara rendah juga enggak memekakkan telinga, setingan decibel-nya mungkin diatur tingkat medium sehingga dentumannya masih terdengar nyaman.

Hemm, seluruh proses modifikasi yang diterapkan Raihan mencirmankan jati dirinya. Sekali lagi saya sangat salut akan kehobiannya dan juga keanthusiasan terhadap dunia carsmetic. Namun ada pertanyaan yang saya tanyakan sebelum kami berpisah, apakah benar enggak mau upgrade mesin M43-nya. “Enggak kepikiran untuk up grade mesin, ini saja sudah cukup kencang kok, just slow and low saja mas, hehehehe,” ucap Raihan mengakhiri.

 

Spesifikasi

MOBIL

BMW 318i (E46) 1999

PEMILIK

Raihan Umar

MESIN

OEM BMW 318i M43

KAKI-KAKI

Velg HRE C90 19×8+9 inci, ban Accelera Velg HRE C90 19×8+9 inci, ban Accelera 215/35ZR19 + Toyo 245/35ZR19, lowering kit Eibach sport kit

EKSTERIOR

Face lift BMW 325i 2002 (engine hood, grille, head lamp, fender, stop lamp), custom body kit M3 (front bumper, side skirt & rear bumper), tail pipe muffler Remus

INTERIOR

Garnish cluster indicator silver, tweeter Morel, CD Charger 6 disc, amplifier Intersys ISP-1500, sub.woofer Rockford Fosgate P1 12 inci

SPECIALS THANKS TO

Allah SWT, Papa dan Mama dan khususnya Kakak Arman Umar

LEAVE A REPLY