BAGIKAN
JUST PERFORMANCE

Modifikasiplus.com – JUST PERFORMANCE inilah konsep yang diambil untuk BMW 320i lansiran tahun 2004 yang terlihat sporty elegan, cukup menarik perhatian para pecinta otomotif di Indonesia, salah satunya adalah David, yang tertarik dengan desain eksterior mobil produksi Jerman tersebut. Terlebih lagi dengan mesin yang diusungnya dilengkapi dengan tipe valvetronic 4 silinder yang berkapasitas 1.995 cc, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 hp pada 6200 rpm. Sedangkan torsi yang dihasilkannya mampu mencapai 200 Nm pada 3600 rpm.

Dengan tenaga standar yang dihasilkan, ternyata kurang memuaskan hasrat sang empu BMW, David pun menambahkan beberapa bagian dari sektor mesinnya, agar lebih melesat larinya, seperti Air intake GruppeM yang dirancang untuk melebihi standar tertinggi manufaktur dan menghasilkan peningkatan kinerja untuk berbagai mobil sport lainya, Tidak hanya itu, produk ini juga bisa menambahkan produk kinerja knalpot dan system rem.

Tak hanya itu saja, pria yang terlihat selalu ceria ini juga mengganti intercooler pabrikannya agar aliran udara 90% lebih besar dibandingkan OEM yang dihasilkan. Dan untuk mempertajam respon throttle dan meningkatkan turbo, David pun mengganti ER (Evoluvion Racewerk) charge piping, untuk menjaga agar mesin lebih awet. Oil catchtank BMS ini menjadi pilihan untuk meredam/meminimalisir kebocoran pada oli, pastinya meningkatkan mesin supaya lebih lama umurnya.

David juga memutuskan untuk menginstalasi tunix Box JB4 stage 3+80hp (increase 75%), guna meningkatkan performa mesin. “Saya pilih JB4 karena memiliki perpaduan sempurna dari performa, fitur, fleksibilitas, dan dukungan untuk memastikan mobil Anda melakukan yang terbaik dari potensinya,” imbuh David.

Untuk pembuangan udara, desain knalpot pabrikan diganti dengan downpipe ER, yang disempurnakan dengan penambahan Milltek exhaust system. Milltek dirancang untuk menjadi sporty tapi tidak mengganggu dalam hal suara bising dengan desain stainless steel di sektor pembuangan. Kemudian sang pemilikpun menambahkan Pivot throotle Control, supaya bisa mengnatur aliran buangan gas pada pedal. Sistem ini juga dapat dibagi menjadi 3 bagian, yaitu TC, ECO, dan Sport yang dipakai untuk berkendara normal, hemat bahan bakar dan untuk dibawa kencang. Untuk modifikasi sektor mesin ini, David mempercayakan kepada ahlinya yaitu rumah modifikasi Inspire serta Cockpit Auto yang digawangi oleh David.

Sektor eksterior tak banyak perubahan, karena David sudah kesemsem dengan kontruksi BMW 321i pabrikannya. Ia pun hanya menambahkan beberapa bagiannya saja seperti bodykit, diffuser, front grill dan ducttail yang semuanya merupakan rancangan M Performance dan carbon di bagian side mirror. Serta cutting stickerfrozen silver ikut menempel di mobil BMW 320i ini.

Modifikasi berlanjut ke sektor interior, diantaranya memberi lapisan pada panel dashboard dengan bahan carbon sticker 4D, serta menambahkan menambahkan Carpet M Performance custom. Memang tak banyak gubahan dalam hal interiornya, ini dimaksudkan agar David tidak berubah desain standar pabrikannya. Memang terbilang simple, karena selain performa mesin yang diubahtak terlalu banyak, tapi dapat menghasilkan tenaga dan kenyamanan seperti mobil sport lainya, sektor interior pun minim modifikasi.

Ternyata, modifikasi tak berakhir disini saja, masih ada pembenahan pada sektor kaki-kakinya. Agar tampilannya tak kalah dengan sport car lainnya, David membenamkan pelek Enkei ke dalam kolong fendernya yang dibalut dengankaret bundar rancangan Michelin Pilot Sport, agar penggunaan ban dapat dilakukan dalam dua alam sekaligus, yaitu saat jalanan kering maupun basah.

Tentu saja urusan kaki-kaki, David juga memperhatikan faktor keamanannya, diantaranya dengan mengganti sistem pengereman standar pabrikannya dengan brake kit front advan racing 4 pot + 330mm rotor.

Alhasil, modifikasi keseluruhan yang dikerjakan selama 1 bulan lebih tersebut, sangat memuaskan sang pemilik. Performa mesinnya meningkat namun kenyamanannya tetap terjaga sesuai dengan standar pabrikannya.

Spesifikasi

MOBIL

BMW 320 i 2014

PEMILIK

David

MESIN

Air intake Grouppe M, Intercooler Wagner, ER charge piping (Evolution Racework), oil catchtank BMS, tunix Box JB4 stage 3 + 80 horse power (increase 75 persen), exhaust downpipe ER, cat back exhaust Milltek exhaust system, Pivot throtle Control

EKSTERIORBodykit M Sport, diffuser M Performance, front grill M Performance, duct tail M Performance, side mirror carbbon, cutting sticker frozzen silver

INTERIOR

Carpet M Performance custom, panel dashboard carbon sticker 4D

KAKI-KAKI velg Enkei RS05RR 18×8,5+9,5 ET+35, ban michelin Pilot Sport 235/40 ZR18 dan 265/35 ZR18, brake kit front advan racing 4 pot + 330mm rotor, coilover KW V3, swing bar HnR

SPECIAL THANKS TO

Cocpit Auto, CK Motorsport, Iwan ART, F3X Crew, Inspire Tuning

LEAVE A REPLY