BAGIKAN

Modifikasiplus.com, Jakarta – Produk penyedia komponen kendaraan asal Jerman, Bosch, berbagi informasi perihal persiapan yang harus dilakukan pada kendaraan saat akan menjalani mudik lebaran. Apa saja yang harus dipersiapkan?

Griselda Iwandi, Marketing Manager Bosch Automotive Aftermarket, Indonesia mengatakan, salah satu faktor yang mempengaruhi angka kecelakaan adalah kendaraan yang tidak dilengkapi suku cadang tepat sehingga pada akhirnya menghambat performa kendaraan.

Pengemudi kendaraan juga kerap meremehkan bagian-bagian terkecil pada kendaraan yang justru dapat menciptakan perbedaan terkait kelayakan berkendara, khususnya menyangkut keselamatan dan daya tahan kendaraan.

“Pemilihan beberapa komponen sederhana seperti busi, aki, atau bohlam bisa mempengaruhi kondisi kendaraan, terutama untuk perjalanan dengan jarak dan waktu tempuh cukup panjang,” paparnya, di Jakarta, Kamis (9/6/16).

Sementara itu, Edmond Tanuwidjaja, Representative Bosch Car Service (BCS) Auto-Service Cempaka Putih juga menambahkan, pengecekan kendaraan tak hanya pada sektor mesin, tapi juga komponen lain.

Bosch“Bicara soal mudik, urusannya sama perjalanan panjang, kemacetan, kondisi jalanan yang banyak berlubang, dan cuaca yang tidak bisa diprediksi. Yang paling penting dalam memeriksa kendaraan saat dibawa mudik adalah komponen yang menunjang keamanan dan kenyamanan mobil,” timpal Edmon.

Selain itu, kata Edmon, banyak sistem pada mobil yang saling terintergrasi. Sehingga, pengecekan harus dilakukan secara cermat. “Paling utama adalah pengereman, kemudian cooling system, lalu charging system, lalu kelengkapan lainnya harus dicek juga,” tambahnya.

Selain komponen yang menyangkut keamanan pengemudi dan penumpang, faktor kenyamanan berkendara juga termasuk yang banyak diabaikan ketika melakukan pemeriksaan. Bicara soal kenyamanan paling pertama itu air conditioner (AC). Otomatis harus diperiksa fungsi dan keoptimalan kerjanya. Kedua, single lighter.

“Ini sering dianggap sebagai hal kecil, meskipun bukan perokok tapi colokan ini harus dicek karena banyak dipakai untuk men-charge handphone¬†atau untuk colokan GPS. Selanjutnya wiperblade. Sekarang kita enggak usah bicara soal kerusakan, wiper bunyi saat macet tiga jam itu sudah enggak nyaman. Jadi ini juga penting,” tegasnya. (Alan)

LEAVE A REPLY