BAGIKAN

Inilah Empat Kota dan Kabupaten Peraih IRSA 2015 – Penganugerahan kepada empat kota dan kabupaten yang berprestasi berhasil diberikan PT. Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance). Anugerah tersebut memang laik disandang kepada daerah yang gencar mengampanyekan keselamatan berlalu lintas, atau Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2015.

Di tahun ketiga ini, terdapat 76 kota dan kabupaten yang terdaftar dan dilakukan shortlisting. Kemudian terpilih 16 kota dan kabupaten yang menjadi semifinalis. Kemudian diseleksi menjadi 12 kota dan kabupaten yang terpilih sebagai finalis IRSA 2015.

Seluruh kota dan kabupaten yang berpartisipasi tersebut disurvey berdasarkan data-data keselamatan jalan seperti, angka kecelakaan lalu lintas, jumlah penduduk, jumlah kendaraan, panjang jalan dan data pendukung lainnya.

Kemudian hasilnya didapat berupa Indeks Keselamatan Jalan (IKJ) sebagai cerminan pencapaian pelaksanaan road safety di wilayahnya. Indra Baruna, CEO Adira Insurance mengatakan total IKJ selalu mengalami peningkatan selama pelaksanaan IRSA tiga tahun ini. Di tahun 2013 sebesar 2,99, tahun ini total IKJ sebesar 3,03.

“Kami sangat senang dimana total indeks keselamatan jalan tersebut selalu mengalami peningkatan selama pelaksanaan IRSA selama tiga tahun, dan selamat untuk para finalis yang mendukung keselamatan berkendara di kotanya,” kata Indra,

Indra juga berharap agar sinergi dapat terjalin antara pihak pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan pihak swasta dalam menjaga keselamatan masyarakat di jalan dapat senantiasa terwujud sehingga dapat menekan angka kecelakaan di jalan.

Hasil paparan 12 finalis IRSA, ditemukan banyak program-program yang inovatif. Diharapkan dapat menjadi langkah preventif yang baik dalam menekan angka kecelakaan jalan di daerah masing-masing.

Adapun kategori pemenang diklasifikasikan atas 4 kategori. Yaitu kota berpenduduk diatas 1 juta jiwa, kota berpenduduk di bawah 1 juta jiwa, kabupaten berpenduduk di atas 1 juta jiwa, dan kabupaten berpenduduk di bawah 1 juta jiwa.

Pemenang IRSA tahun ini untuk kategori kota berpenduduk di atas 1 juta jiwa adalah kota Surabaya. Kemudian kota berpenduduk di bawah 1 juta jiwa adalah kota Balikpapan. Lalu kabupaten berpenduduk di atas 1 juta jiwa adalah kabupaten Jepara. Selanjutnya kabupaten berpenduduk di bawah 1 juta jiwa adalah kabupaten Hulu Sungai Selatan. (Aln)

LEAVE A REPLY