BAGIKAN
DREAM THAT REALLY CAME TRUE

Modifikasiplus.com – Bagi sebagian orang yang doyan mobil-mobil canggih nan super cepat, memiliki sebuah sports car berperforma tinggi mungkin menjadi idamannya. Sama halnya dengan Widyananto yang sejak awal 2014 silam berhasil mewujudkan impiannya memiliki sebuah sports car melalui Porsche Boxster 986, DREAM THAT REALLY CAME TRUE untuk Widyananto.

Secara kasat mata, tampang Porsche Boxster 986 lansiran 2000 ini memang sudah tak standar lagi. Hal ini disebabkan pengaplikasian sejumlah bodyparts asli milik Porsche Boxster 987, seperti lampu depan, lampu belakang, dan juga atap hardtop. Masih ditambah lagi dengan sepaket body kit berlabel FRP Techart, yang membuat tampang Porsche Boxster986 ini makin kelihatan gahar. Mulai dari bumper depan-belakang, side skirt, wide body, hingga spoiler belakang. Dengan begitu, tak heran jika tampangnya kini makin sangar dan sporty.

Secara jujur Nanto mengakui jika yang melakukan proses modifikasi terhadap roadster berdarah Jerman ini bukanlah dirinya. Meskipun begitu, Nanto mengaku cukup bangga memiliki Porsche Boxster 986 bermesin tengah alias ‘mid-engined’ ini.

“Jujur aja sih, waktu pertama gw beli Porsche ini ya tampangnya memang udah kayak gini. Tapi gw suka sama mobil ini karena ini kan sports car. Lagian kan asik aja kalo pas lagi bawa mobil ini jadi dilihatin sama orang-orang. Hehehehe….. Jadi Porsche Boxster 986 buatan tahun 2000 sudah dimodifikasi jadi Porsche 987 buatan tahun 2007. Sama pemilik sebelumnya, bagian lampu depan, lampu belakang, dan atap hardtop-nya udah diganti pake punya Porsche Boxster 987. Terus abis itu dipakein body kit Techart,” sebut Nanto.

Terlepas dari siapa yang melakukan modifikasinya, mungkin alangkah lebih baiknya jika kita telusuri saja bagian manalagi yang telah mengalami perombakan. Coba sekarang intip ke dalam interiornya. Memang, kabin Porsche Boxster 986 berkelir orange xyralic ini tak mengalami banyak perombakan. Hal ini disebabkan karena tampilan asli interior sports car ini yang sudah bernuansa sporty. Maka Nanto cukup menambahkan setir kemudi berlabel OMP dan juga penutup konsol tengah berbahan serat karbon.

“Waktu pertama beli, setir Porsche masih pake punya Sparco. Terus sekarang udah gw ganti pake punya OMP, karena waktu itu bagian pegangannya yang Sparco udah mulai jelek dan gak enak aja dilihatnya,” ujar Nanto.

Lantas urusan tenaga, Porsche Boxster bertransmisi otomatis 5-speed ini telah dipersenjatai mesin boxer 6 silinder berkapasitas 2.700 cc yang standarnya saja mampu menghembuskan tenaga maksimum sebesar 217 HP. Maka untuk mendongkrak tenaganya tak perlu banyak melakukan modifikasi yang terlalu ekstrim.

Menurut Nanto, salah satu mobil yang menjadi kebanggaannya ini telah mengadopsi C1 Centrifugal supercharger buatan ProCharger. Bahkan ECU yang bertugas sebagai otak dari mesin pun sudah di re-map dengan menggunakan GIAC Flashloader software demi mengoptimalkan setting mesin. Sementara supaya sisa gas buang bisa cepat tersalurkan keluar, maka segelondong pipa knalpot keluaran Cross berbahan titanium pun ditancapkan. Maka tak mengejutkan jika tenaganya kini melonjak hingga sekitar 276 HP.

“Sejak beli, gue belum pernah dynotest hp mesinnya berapa pastinya, tapi waktu itu pemilik sebelumnya pernah menghitung dan katanya tenaganya sekarang itu sekitar 276 HP. Terus kalo untuk topspeed-nya sih jujur aja belum pernah dapet. Waktu itu baru jajal cuma sampe 160 kilometer per jam aja,” tutur Nanto sembari menatapi tunggangannya dengan bangga tersebut.

Kemudian tak afdol rasanya jika mesin yang sudah memiliki tenaga yang besar jika tak diimbangi dengan kaki-kaki yang kokoh dan mumpuni. Maka lihat saja kaki-kaki Porsche Boxster 986 ini sudah dialasi dengan velg iForged Variant berdiameter 20 inci, yang telah dibalut 2 pasang ban Toyo T1R Z20, dan suspensi coilover yang juga masih buatan Cross. Sedangkan sebagai penghenti lajunya, kaliper asli bawaan sports car 2 pintu ini dbuang jauh-jauh dan kemudian disubstitusi dengan kaliper Brembo 6 piston pada keempat rodanya.

Spesifikasi

MOBIL

Porsche Boxster 986 tahun 2000

PEMILIK

Widyananto Purnomo

MESIN

ProCharger C1 Centrifugal supercharger, custom CNC mounting brackets, custom relocation air pump bracket, highflow cotton air filter, Bosch Factory diverter valve, custom injector, custom belt, custom proprietary GIAC Flashloader software, Racing Tuning programmed ECU, Cross ultra lightweight full titanium exhaust system

EKSTERIOR

Porsche Boxster 987 headlight, Porsche Boxster 987 tail light, custom FRP front wide body, FRP Techart rear wide body, FRP Techart front bumper, FRP Techart rear bumper, FRP Techart side skirt, FRP Techart carbon rear spoiler, Porsche Boxster hardtop roof

INTERIOR

OMP steering wheel, Carbon fiber middle consol

KAKI-KAKI

Cross Competition coil over systems, Brembo 6 pot, Reinforced Sport stabilizer, 20 inch iForged Variant wheels, Toyo T1R ZR20 tyres

SPESIAL THANKS TO

All my friends and family

LEAVE A REPLY