BAGIKAN

Mempertahankan aura racing yang tertanam pada tunggangan, menjadi acuannya dalam memodifikasi tunggangan menjadi lebih berkarakter

Teks: Mufrod Foto : Chris Pramudya

Mungkin banyak orang yang selalu menginginkan berada dibalik kemudi mobil sport, tak terkecuali David yang kini tengah bangga dengan tunggangan sport keluaran 2003 silam. Dengan Toyota Cellica yang dimilikinya kini, David sangat puas dapat memiliki tunggangan yang memiliki tenaga kuda cukup besar untuk melaju diseputaran kota Surabaya yang terkenal padat dengan arus lalu lintasnya.

Kepuasan dapat memiliki tunggangan idaman tentu banyak menghadirkan keinginan lainnya, hal itu pula yang membuat David tak lama membiarkan tunggangannya tampil apa adanya. Sosok Toyota Cellica dengan balutan warna kuning, bagi sang pemilik rupanya menjadi sebuah tampilan flet.

Gaya monoton yang menjadi tampilan diyakini tidak mampu memberikan aura berkendara yang sesuai keinginannya, akhirnya tunggangan pun langsung ditularkan virus modifikasi. Dengan ubahan yang tetap mengusung konsep sport, pilihan konsep street racing pun menjadi tema utama dalam urusan dress up tunggangan.

Dengan tetap mengedepankan sektor kenyamanan tanpa menghilangkan fungsi tunggangan, modifikasi yang dilakukan terbilang cukup menunjukan identitas Cellica sebagai salah satu jajaran tunggangan dengan gaya modifikasi Street racing.

Dari sektor Eksterior tentu bagi sang pemilik, karakter ubahan luar harus dapat ternilai dengan tampilan racing. Tentu saja permainan konsep melalui material karbon menjadi dominasi dari sektor luar. Ubahan pada bagian ini terdapat pada bagian bonet, atap, bagasi, wings hingga pada sektor lips spoilernya.

Memadukan unsur karbon yang telah tersemat, rupanya dirasa kurang mendukung tampilan dengan proporsi dimensi tunggangan standar. Alhasil guna meningkatkan karakter agar terkesan lebih gambot dari ubahan yang dilakukan, sang pemilik harus melakukan wide body untuk mendukung tampilan secara menyeluruh pada tunggangannya.

Beres dengan ubahan tampilan luar, terus berlanjut pada sektor suplai tenaga kendaraan.

Mesin 1ZZFE dengan kapasitas 1.8 memang dirasa tidak cukup mumpuni untuk dibenamkan dibalik desain Cellica. Sadar akan hal tersebut David memang berencana membuat sistem pasokan tenaga guna mendukung kinerja mesin menjadi lebih gahar.

Sokongan terbesar untuk memperbesar daya kerja mesin yang bisa dikatakan sebanding dengan sedan premium lainnya, dengan cara mencangkokan perangkat turbo pada kompartemen mesinnya. Dengan karakter mesin DOHC 4L, David pun memadankannya dengan Turbo TD 05 yang sesuai dengan karakter mesin Cellica.

Kinerja turbo tentu tetap dimaksimalkan dengan blow off HKS yang mampu mengatur tekanan udara berlebih pada intake. Sedangkan asupan pada sistem pendingin kerja mesin diberi sentuhan custom sebagai penyesuaian pendinginan dari kerja mesin. Agar hasil pembakaran pada mesin semakin sempurn header standar pun dirasa tak mampu memberikan saluran bagi sisa pembuangan pembakaran, alhasil header dilakukan rombakan dengan cara custom.

Rampung…dengan seluruh suplai tenaga bagian sektor mesin, tak ketinggalan perangkat pintar pun disematkan dengan penggantian ECU yang diambil dari labelan HKS F Cons Is, penyesuaian remaping untuk kebutuhan suplai bahan bakar dan udara keruang mesin diatur ulang melalui perangkat elektronik ini. Selain memiliki suplai tenaga maksimal, David pun memberikan asupan tambahan tenaga melalui penggunaan tabung NOS aktif 6 kg.

Tenaga maksimum telah selesai, sektor penunjang kaki-kaki pun harus mengikuti aturan ubahan dengan suspensi coil over labelan K Sport dipilih guna memberikan stabilitas kecepatan pada putaran mesin. Sistem penghenti laju pun tak luput sebagai sektor keamanan dengan penggunaan caliper 6 pot untuk depan dan 4 pot belakang.

Special thanks Crew Option Surabaya, Ortu, Auto JR

SPESIFIKASI

Mobil

Toyota Cellica 2003

Eksterior

Wide Body custom, body kit custom, side skirt custom, wing karbon, body mounting, atap karbon, bagasi karbon, kap mesin karbon, front lips bemper karbon, lips side skirt karbon, motorize bagasi, gullwing door.

Mesin

Jok depan Recaro SR3, Jok belakang back litesuete, atap suete, pilar a-b suete, roolbar enam titik, tabung nos 6 kg, tachometer Pivot, custom dashboard karbon.

Kaki-kaki

Suspensi coil over K sport, rem depan Brembo GT 6 pot, rem belakang Brembo GT 4 pot, pelek travistar 19”, ban 235x19x35, 275x19x30

Audio

Box audio custom, subwoofer candees 12” (2), Rockfort 10” (2), power 4 ch (2), power 6Ch, midbass kandees(2), kapasitor bank (2), tv 8 “ TV 6”(2)

LEAVE A REPLY