BAGIKAN

Modifikasiplus.com, Karawang – Sebagai bagian dari program Corporate Social Responsibility (CSR) yang kerap diadakan PT Bridgestone Tire Indonesia setiap tahunnya, kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety) kembali digelar sejak 30 Mei hingga 3 Juni 2016 di rest area Km 57, tol Cikampek, Jawa Barat. Kampanye keselamatan ini merupakan yang ke-8 diadakan Bridgestone sejak tahun 2009.

Untuk tahun ini, tema kampanye yang diambil adalah ‘Ban Terawat, Anda Selamat’, di mana ban yang memiliki tekanan udara yang tepat dapat membebaskan pengendara dari masalah dan meningkatkan kualitas keamanan di jalan.

Para pengendara diajarkan cara memeriksa tapak ban untuk menghindari bahaya akibat kerusakan pada ban yang sudah aus atau rusak sekalipun.

Linda Yuselina, Marketing Section Manager PT Bridgestone Tire Indonesia menegaskan, dari hasil pengalaman Bridgestone selama 8 kali kampanye Tire Safety, rata-rata orang sudah mengetahui akan keselamatan ban, mereka sebenarnya sudah sadar. “Hanya saja kami informasikan bahwa setiap kendaraan punya tekanan angin yang berbeda-beda. Ini yang kami jelaskan ke mereka, disamping tim kita juga menjelaskan kondisi dan kapan waktunya ban harus diganti demi keselamatan berkendara,” ungkap Linda, disela-sela acara, Kamis (2/6/16).

Bridgestone juga merekomendasikan para pengendara untuk memeriksakan kondisi tekanan udara ban mereka secara rutin sekali sebulan dan sebelum melakukan perjalanan jauh. Tekanan udara ban sebaiknya diatur sesuai rekomendasi dari pabrik ban tersebut yang biasanya tertera pada sisi luar ban tersebut atau buku.

Kampanye edukasi ban BridgestoneKampanye Safety Tire ini bertujuan untuk mengurangi jumlah angka kecelakaan lalu lintas di Indonesia, sekaligus menginformasikan betapa pentingnya peranan ban untuk keselamatan berkendara dan mengedukasi pengendara untuk selalu merawat ban dengan baik dan benar serta prosedur keselamatannya.

Berdasarkan jumlah pengunjung beberapa tahun sebelumnya, pengunjung kampanye Tire Safety telah sukses meningkat dari tahun ke tahun. Sementara di lima tahun pertama penyelenggaraan kampanye, jumlah peserta yang hadir meningkat dua kali lipat dari 1.752 peserta di 2009 menjadi 3.393 di 2013. Sedangkan di 2014, terdapat penurunan peserta secara signifikan yang ditengarai akibat kebijakan pemerintah yang menghentikan subsidi bahan bakar yang dijual di jalan bebas hambatan.

Sementara itu, di 2015, ketika pemerintah kembali melanjutkan kebijakan subsidi dalam penjualan bahan bakar di jalan tol, jumlah peserta kampanye pun meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

“Memeriksa tekanan angin ban secara tepat juga kondisi fisik ban seperti pada tapak ban merupakan cara termudah dan penting yang dapat dilakukan oleh pengendara untuk selalu aman di jalan,” jelas kata Yoshikazu Shida, Presiden Direktur PT Bridgestone Tire Indonesia.

Shida juga menyatakan, waktu yang dibutuhkan untuk semua hal itu cukup singkat dan hanya butuh alat yang sederhana saja. “Para pengendara pun dapat memeriksa ban kendaraan mereka sendiri atau mendatangi gerai Toko Model (TOMO) sebagai Bridgestone Authorized Retail untuk mendapatkan bantuan dari tenaga ahli Bridgestone,” tutup Shida. (Alan)

LEAVE A REPLY