BAGIKAN
BEWARE! RED ANT 9,70 SECOND

Modifikasiplus.com – Siang itu, hawa Sirkuit In­ternational Sentul sedang memanas. Enggak cuma terik matahari yang menyengat kota Bogor saat itu, tetesan keringat terpeluh di dahi juga disebabkan adrenalin sedikit ter­pompa karena hawa persaingan kompetisi drag race di penghu­jung seri 2014 tahun ini begitu serunya. Di kelas tercepat under ten second terjadi Evo War! Per­ang antar Mitsubishi Lancer Evo begitu mendominasi suasana balapan. Dan akhirnya, rekor dapat terpecahkan diakhir seri balap drag race tahun ini. Dan bintangnya adalah tunggangan Mitsubishi Lancer Evolution VIII milik Mr. T yang ditunggangi oleh Steven dari Steve Garage, Pekan Baru, Riau dengan raihan catatan waktu 9,70 detik untuk menempuh 402 meter di sirkuit Sentul. BEWARE! RED ANT 9,70 SECOND.

Steven menjadi ‘joky’ terjun di seri terakhir drag race Sentul di akhir bulan November lalu. Cowok berbadan singset ini mengatakan bahwa Evo Mr. T memiliki kestabilan yang sangat baik didukung dengan power yang mencapai 1.000 daya kuda berpotensi untuk mendapatkan waktu 9 kecil dengan up grade mesin yang cukup ekstrem. “Evo delapan ini sudah diban­gun 6 tahun yang lalu, proses ngebangunnya di UFO GR sama Hanry Fonda. Waktu itu mesinnya di tune sama bengkel Garage R, Singapore dan pem­buatan tubing rangka spec drag ini dibuat sama tuner Australia dan ngerjainnya di Jakarta,” ucap Steven.

6 tahun turun diarena balap drag tanpa trouble engine failure dan cukup maintenance ringan sang tuner, membuat 4G63 single turbo ini begitu pa­ham dengan porsi yang sesuai kebutuhan spesifikasi sirkuit dan juga driver yang menungganginya. “saat itu tuning mesin di Garage R, Singapura dan mesinnya bullet-bulet dibawa kesana. Durability-nya bagus banget, belum dirubah-rubah sampai sekarang, paling ya mainte­nance yang dilakukan oleh UFO GR jadi mesinnya awet sampai sekarang,” ucap cowok berwa­jah oriental ini.

“Tunernya bilang ini sudah settingan aman, bisa di up grade lagi namun dibutuhkan riset dan cost yang tidak sedikit. Yang sekarang dibutuhkan hanyalah driver yang cakap untuk dapat waktu yang terbaik,” ucap Steven.

“Ini mobil (Evo VIII) stabil banget, saat start lempeng ajah enggak belok-belok. Semua setingan chassis mengharuskan center poin itu yang membuat dia stabil. Bahkan, ukuran angin ban aja beda-beda agar untuk dapat titik tengahnya,” ucap Steven yang juga masih kerabat dekat dengan Hanry Fonda. Bicara Evo dan pemiliknya, Mr. T. tentu pertanyaan akan muncul disaat melihat tulisan red ant di tubuh sedan asal Jepang ini. Kenapa semut merah? Mr. T yang juga pengkoleksi tunggan­gan sport JDM ini mengatakan sebuah filosofi, jempol kalah dengan kelingking yang artinya, sebesar-besarnya gajah pasti akan mati oleh semut merah, “Yang pasti artinya kecil-kecil berbahaya,” ucap Steven sepaha dengan Mr. T.

Spesifikasi Detail

MOBIL

Mitsubishi Lancer Evolution VIII

PEMILIK

Mr. T

MESIN

2.0 HKS build short block engine, Cosworth head engine, camshaft HKS drag spec, spark plugs HKS M45G, exhaust manifold Full race, turbocharger AMS GT42R, down pipe HKS GR Titanium, suction HKS GR Titanium Racing, intake mani­fold AMS, throttle body AMS Drag Spec, injector Dynamic 1800cc x4, fuel rail HKS, ignition HKS Twin Power, Intercooler ARC Drag, intercooler pipes HKS GR, clutch triple carbon, gearbox Sheptrans Drag Ratio, transfer case Sheptrans drag spec, rear differential AMS GTO, carbon prop shaft, drive shaft shop drive shaft, engine mount­ing Cusco, fuel pump Bosch 044 x2, fuel tank ATL, fuel steel braided hoses HKS, HKS F-Con V pro tuning by Lester Wong Garage R

KAKI-KAKI

HKS Hipermax Drag suspen­sion, Ikeya adjustable camber kits, brake kit Wilwood drag, Evolution RS front brake End­less pads

EKSTERIOR

Dry carbon roof Varis, AMS front race lexan, C-West carbon engine hood, Carbing FRP rear trunk, HKS Garage R Drag Wing

INTERIOR

Cromolly half tube By australian drag car builder, Recaro bucket seat, FRP light weight doors, Momo steering wheels, gauges meter Defi

THANKS TO

Tuhan YME, Steve Garage, Garage R Singapore, UFO GR

LEAVE A REPLY