BAGIKAN
Bagaikan Dua Mata Koin

BAGAIKAN DUA MATA KOIN – Mungkin ada benarnya juga jika dikatakan dunia modifikasi mobil memang tak mengenal batas. Salah satu contohnya adalah Umar Suhartono. Pria bertubuh tegap ini berprofesi sebagai anggota POLRI (Polisi Republik Indonesia), yang hobi karapan mobil alias drag race.

Dimulai dari sektor sumber tenaga. Sebagai langkah awal, setiap jalur keluar-masuk campuran bahan bakar dan udara ke mesin dilancarkan dengan mengaplikasikan tehnik PnP (Porting and Polish). Langkah tersebut kemudian disempurnakan dengan langkah modifikasi pada bagian fuel pump, supaya aliran bahan bakar menuju injektor bisa lebih deras dari standarnya. Jika sudah seperti ini, suplai udara mesti ditingkatkan pula demi mendapatkan adonan bahan bakar dan udara yang sesuai. Untuk mengakalinya, Umar cukup mengadopsikan open air filter alias saringan udara berlabel HKS yang dirasa cukup mumpuni.

Tenaga mesin 4G93 asli bawaan Mitsubishi Lancer GTi semakin beringas ketika akhirnya Umar mencangkokkan 1 unit Garrett turbocharger yang disandingkan dengan throttle body copotan Mitsubishi Galant VR4 dan ART intercooler. “Untuk turbo boost-nya itu sendiri gue setel di angka 15 PSi, atau kalau dalam ukuran Bar sekitar 0,8-an,” tutur pria yang bertugas sebagai pengawal RI-1 ini.

Terlebih lagi setelah semua langkah modifikasi tersebut diharmonisasi oleh Dastek Q+ yang bertugas sebagai otak dari mesin. Total tenaga yang berhasil diraih sebesar 245 hp dan catatan waktu terbaik (best time) 14,5 detik juga berhasil ditorehkan Umar saat memacu mobil di ajang drag race nasional berjarak 402 meter di Sirkuit Sentul, Bogor-Jawa Barat.

Sektor kaki-kaki pun turut dibenahi. Namun untuk bagian yang satu ini, Umar ogah melakukan modifikasi terlampau ekstrim. Alasannya supaya mobil ini masih cukup nyaman untuk dikemudikan sehari-hari. Makanya, pada bagian ini Umar cukup mengadopsi velg Enkei palang 6 berdiameter 16 inci, suspensi standar yang telah dimodifikasi sesuai kebutuhan, sway bar pada roda belakang, dan Sparco strutbar di roda depan supaya ‘handling’ makin stabil.

“Untuk kaki-kaki sih gue masih pake suspensi standar, sokbreker masih pakai bawaan mobil, tapi udah gue custom juga supaya pas balapan bisa dapet traksinya. Terus kalo per-nya udah gue ganti pake punya yang aftermarket yang sudah dipotong 1 ulir di bagian depan dan belakang 2 ulir. Pokoknya intinya, buat harian masih nyaman, tapi buat balapan juga stabil. ” ujar Umar.

Terakhir supaya tampil makin gagah, Umar menyulap tampang standar sedan keturunan Jepang kesayangannya ini hingga menyerupai Mitsubishi Lancer Evolution III asli. Perhatikan saja sekujur tubuhnya yang sudah dijejali body kit asli milik Mitsubishi Lancer Evolution III.

Bahkan bumper depan-belakang dan kap mesin asli bawaan sedan berpenggerak roda depan ini pun ikutan dilempar jauh-jauh, dan kemudian diganti dengan milik Mitsubishi Lancer Evolution III. “Jadi waktu itu gue beli body kit Evo 3 dari temen-temen komunitas Mitsubishi, mulai bumper depan belakang, kap mesin, sampe wing belakang. Lalu, alasan gue pilih modif pake body kit Evo 3 ini agar terlihat lebih gagah dan sporty aja,” tutup Umar.

Sebagai pelengkap, Umar menyelimuti seluruh eksterior dengan stiker khusus mobil berkelir merah doff, yang di luar negeri sana sering disebut ‘wrapping’.

Spesifikasi

MOBIL

Mitsubishi lancer gti 1996

PEMILIK

Umar Suhartono

EKSTERIOR

Mitsubishi Lancer Evolution III body kit, Mitsubishi Lancer Evolution III front & rear bumper, Mitsubishi Lancer Evolution III bonnet, custom body wrapping

INTERIOR

Bride bucket seat, Momo steering wheels, Sparco quickrelease, Pivot turbo timer, Auto Gauge boost meter

MESIN

4G93 1.800 cc DOHC engine, porting and polish, Garrett turbocharger, ART intercooler, custom exhaust manifold, GReddy timing belt cover, Samco hoses, SAARD fuel pressure, custom fuel pump, Mitsubishi Galant VR4 throttle body, HKS open air filter+HotBit, Dastek Q+, turbo modul, HKS blow-off valve, custom turbo piping

KAKI-KAKI

Custom shockbreaker, custom springs, custom swaybar, Sparco strutbar, 16 inch Enkei rims, 250/55 Toyo tyres

SPECIAL THANKS TO

TOTAL Lubricants, Elf Racing Fuels

LEAVE A REPLY