BAGIKAN
Kompetisi Mobil Hemat

Untuk keempat kalinya sejak tahun 2010 lalu, mahasiswa Indonesia kembali mengikuti ajang final Shell Eco-Marathon (SEM) Asia 2014 yang akan berlangsung pada tanggal 6 – 9 Februari 2014 di Luneta Park, Manila mendatang. Dan untuk tahun ini, Indonesia akan diwakili sebanyak 18 tim mahasiswa dari 12 universitas yang tersebar di Pulau Jawa, Sumatera dan Kalimantan. Kompetisi SEM ini sendiri akan mempertandingkan mobil hasil ciptaaan mereka untuk memacu mobilnya sejauh mungkin dengan berbekal 1 liter bahan bakar saja.

Filipina sendiri merupakan pertama kalinya berpihak sebagai tuan rumah penyelenggara menggantikan Malaysia yang telah menjadi tuan rumah selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2010.  Serta untuk pertama kalinya juga, kompetisi ini akan menggunakan trek jalan raya, tepatnya di sekeliling Luneta Park. Sebelumnya, SEM Asia selalu diselenggarakan di trek sirkuit balap di Sentul International Circuit, Kualal Lumpur, Malaysia.

Presiden Direktur  Country Chairman Shell Indonesia, Darwin Silalahi menjelaskan, sangat bangga dengan semangat dan inovasi mahasiswa Indonesia yang tampil dalam ajang SEM di Manila. “Hal ini sangat menggembirakan, karena sejak SEM Asia diselenggarakan tahun 2010 lalu, Indonesia hanya mewakili 8 tim saja. Dan tahun ini meningkat pesat, yang diwakili oleh 18 Tim Mahasiswa Indonesia dengan latar belakang berbeda serta tidak terbatas pada universitas-universitas besar saja,” tegas Darwin.

SEM Asia 2014 sendiri diikuti oleh 109 Tim pelajar dan mahasiswa dari 15 negara di kawasan Asia dan TImur Tengah yang akan berkompetisi dalam kategori kendaraan Prototype dan Urban Concept. Kendaraan hemat energy ini akan berkompetisi dalam dua kategori tersebut dan juga sub-kategori berbagai sumber bahan bakar yaitu gasoline, ethanol, diesel, battery electric, Fame 100% (Fatty Acid Methyl Ester-bahan bakar biodiesel) dan hydrogen.  Selain kompetisi on track yang terdiri dari Communication Award, Shell Helix Tribology Award, Vehicle Design Award, Technical Award, Safety Award dan Perseverance & Spirit of the Event Award.

Sedangkan 18 tim mahasiswa Indonesia yang akan tampil adalah UI (2 Tim), USU (2 Tim), UN Jakarta (2 Tim), ITB (2 Tim), ITS (2 Tim), Politeknik Negeri Pontianak (2 Tim), Politeknik Negeri Jakarta (2 Tim), serta masing-masing menurunkan satu tim berasal dari Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Politeknik Technical Education Development Centre Bandung serta Institut Sains & Teknologi AKPRIND.  (Irianto)

LEAVE A REPLY